KEEFEKTIFAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2021/2022


Dicky Wilian Ravandhika, 3101417022 (2022) KEEFEKTIFAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101417022- dicky wilian.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung menyebabkan banyak bidang terdampak, tidak terkecuali pendidikan. Pembelajaran tatap muka seperti hal nya yang dilakukan harus berganti dengan pembelajaran jarak jauh atau daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring dipilih mengingat wabah Covid-19 menjadi permasalahan yang berimbas pada waktu, lokasi dan jarak. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran sejarah di SMAN 1 Kutasari, (2) Mendeskripsikan bagaimana penggunaan Aplikasi Google Clasroom sebagai media pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kutasari. dan (3) Mendeskripsikan bagaimana Keefektifan aplikasi Google Clasroom sebagai aplikasi pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Kutasari pada masa pandemic Covid-19. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan strategi penelitian campuran atau Mixed Methods dengan pendekatan Desain Embedded. Penggunaan Desain Embedded dilakukan dengan cara mencampur perangkat data yang berbeda dengan jenis data yang berbeda dan dicocokkan dengan kerangka metodologi pada jenis data yang lain. Sumber data diperoleh melalui wawancara dengan guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran di SMAN 1 Kutasari pada mara pelajaran sejarah telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat disimpulkan dengan adanya persiapan-persiapan yang matang untuk melanjutkan pembelajaran di tengah pandemic Covid-19. Pelaksanaan IHT dan pelatihan�pelatihan terbukti mampu memperbarui skil guru untuk menyiapkan pembelajaran daring. (2) Penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring telah mencapai kata efektif. Keefektifan aplikasi Google Classroom sudah dirasakan oleh segenap pelaksana pembelajaran daring. Aplikasi Google Classroom dipilih karena kemudahannya untuk diakses dan memiliki banyak fitur pendukung sejenis yang dapat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Saran yang diberikan oleh penulis, yaitu: 1) Guru diharapkan mampu menyesuaikan perkembangan model pendidikan. Guru harus lebih mahir dalam perkembangan model pembelajaran yang lebih update. Selain itu, guru juga diharapkan memiliki banyak keterampilan dalam membuat materi maupun media pembelajaran. 2) Peserta didik diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran. Peserta didik harus lebih aktif dalam menggali informasi tentang materi-materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Sejarah, Aplikasi Google Classroom
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:39
Last Modified: 27 Sep 2024 03:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64240

Actions (login required)

View Item View Item