Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah Di SMA Se- Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun 2011


Tri Annah , 3101407019 (2011) Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah Di SMA Se- Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah Di SMA Se- Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun 2011]
Preview
PDF (Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah Di SMA Se- Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun 2011) - Published Version
Download (790kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah di sekolah, senantiasa memiliki persepsi yang kurang baik. Ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran sejarah selalu dianggap rendah. Pembelajaran sejarah dinilai memprihatinkan karena tidak dihargai. Untuk itu seorang guru harus mampu menggunakan metode yang sesuai dengan perkembangan zaman siswa, sehingga siswa lebih merasa tertarik. Pada dasarnya pembelajaran sejarah itu tidak membosankan melainkan hal-hal lain yang mempengaruhi pembelajaran sejarah itu membosankan atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah siswa SMA se-Kecamatan Sukorejo. Persepsi sendiri merupakan proses seseorang menafsirkan dan mengorganisasikan pola stimulus yang ada dalam lingkungan. Persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah dalam hal ini antara lain mengenai penggunaan media dalam proses pembelajaran sejarah, pengelolaan kelas oleh guru, penggunaan sumber belajar, penilaian pembelajaran sejarah oleh guru dan materi yang disampaikan oleh guru. Melalui hal-hal tersebut dijadikan sebagai tolok ukur untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA se-Kecamatan Sukorejo berjumlah 1034 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik sampel sebesar 13 % dari jumlah populasi, yaitu sebanyak 147 siswa. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah. Data dikumpulkan menggunakan angket tentang persepsi siswa dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif presentase. Hasil penelitian bahwa persepsi siswa sudah baik, dari hasil pengisian angket bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan media dalam pembelajaran sejarah masuk dalam kategori baik yaitu 94 siswa atau 63,95%, persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru saat proses pembelajaran sejarah masuk dalam kategori baik yaitu 65 siswa atau 65,31%, persepsi siswa terhadap penggunaan sumber belajar masuk dalam kategori baik yaitu 99 siswa atau 67,95%, persepsi siswa terhadap penilaian pembelajaran sejarah oleh guru juga masuk dalam kategori bauk yaitu 96 siswa atau 65,31% dan persepsi siswa terhadap penyampaian materi oleh guru dalam proses pembelajaran juga masuk dalam kategori baik yaitu 95 siswa atau 64,63%, prosentase yang lain masuk dalam kategori sedang. Dari hasil penelitian dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa SMA se-Kecamatan Sukorejo memiliki persepsi yang baik terhadap pembelajaran sejarah. Siswa sebaiknya menyadari arti penting mempelajari sejarah, selain itu guru juga hendaknya mempertahankan kualitas dalam mengajar sejarah sehingga siswa tetap semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran Sejarah, SMA
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2011 08:02
Last Modified: 25 Apr 2015 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6424

Actions (login required)

View Item View Item