DEVELOPING OF STEM LEARNING GUIDELINE FOR TEACHERS TO ENHANCE STUDENTS’ CRITICAL THINKING AND CREATIVITY
Fiki Kusuma Astuti, 0402518005 (2023) DEVELOPING OF STEM LEARNING GUIDELINE FOR TEACHERS TO ENHANCE STUDENTS’ CRITICAL THINKING AND CREATIVITY. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul ajar berbasis STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan tipe ADDIE. Sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling baik pada uji coba skala kecil maupun uji coba skala besar di salah satu sekolah menengah pertama di Kabupaten Kudus. Aspek kreativitas yang diteliti adalah keluwesan, kelancaran, keaslian dan elaborasi sedangkan aspek berpikir kritis yang diteliti adalah menganalisis argument, menjelaskan argument, mengevaluasi, interpretasi, sintesis, menyimpulkan, menginferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Modul Ajar berbasis STEM memiliki karakteristik muatan STEM dengan format pdf sehingga memudahkan guru mengakses informasi; 2) Modul Ajar berbasis STEM layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi Klasifikasi Materi; 3) Guru memberikan respon yang sangat bagus terhadap Modul Ajar berbasis STEM; 4) Modul Ajar berbasis STEM mampu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dengan kategori sedang dengan nilai N-Gain 49% di SMP 1 Kudus dan 38% di SMP 1 Gebog.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Critical Thinking, Teacher’s Guideline, Creativity, STEM Education |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 03:20 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 03:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64236 |
Actions (login required)
View Item |