MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE GEOEDUVID UNTUK PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA
David Rizaldy, 0302520007 (2022) MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE GEOEDUVID UNTUK PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran saat ini berkembang dengan memanfaatkan teknologi internet. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian yaitu Website Geoeduvid. Media pembelajaran Website Geoeduvid diterapkan dalam pembelajaran Geografi materi mitigasi bencana alam. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimana efektivitas media pembelajaran Website Geoeduvid untuk guru dan siwa dalam aspek pengetahuan dan sikap di pembelajaran Geografi di SMA. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Merancang media pembelajaran Website Geoeduvid untuk pembelajaran Geografi di SMA, (2) Menguji kelayakan media pembelajaran Website Geoeduvid untuk pembelajaran Geografi di SMA, (3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran Website Geoeduvid untuk guru dalam pembelajaran Geografi di SMA, (4) Mengetahui efektivitas Website Geoeduvid dalam aspek pengetahuan dan sikap untuk siswa. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan dengan quasi experimental. Validasi media pembelajaran dinilai oleh ahli media dan ahli materi. Populasi penelitian yaitu seluruh SMA dan MA di Kabupaten Sragen. Sampel penelitian yang digunakan yaitu SMA Walisongo Karangmalang dan MA Nurul Huda Gondang. Teknik sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif. Hasil validasi menurut ahli media dan ahli materi menunjukkan skor 3 dan termasuk kriteria layak. Taraf kesukaran tes termasuk sedang. Instrumen tes yang valid 23 butir soal. Uji reliabilitas instrumen dinyatakan reliabel dengan skor 0,721. Hasil uji-t menunjukkan skor 0,47 dan signifikan untuk digunakan instrument tes dalam penelitian media. Hasil deksriptif persentase siswa berhasil tahap pretest di kelas kontrol sebesar 35% dan kelas eksperimen sebesar 37,7%. Selanjutnya tahap posttest di kelas kontrol sebesar 44% dan kelas eksperimen sebesar 100%. Kesimpulan dalam hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Website Geoeduvid dinyatakan efektif untuk pembelajaran Geografi di SMA. Saran penelitian yaitu media pembelajaran berbasis website dapat dikembangkan lebih lanjut terutama konten kebencanaan yang interaktif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Geoeduvid, Media, Website |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Geografi, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 07:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64212 |
Actions (login required)
View Item |