PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA TERHADAP BENCANA DI SMA NEGERI 2 TOMIA


PUTRIANI, 0302520001 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA TERHADAP BENCANA DI SMA NEGERI 2 TOMIA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0302520001 - Putriani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Letak geografis Kabupaten Wakatobi yang dikelilingi oleh 4 sesar, sehingga menjadi daerah yang rawan bencana gempa bumi. Kecamatan Tomia adalah salah satu kecamatan di Kabupaten ini yang terkena dampak bencana gempa bumi yang terjadi hampir setiap tahunnya, sehingga perlunya pengetahuan dan kesiapsiaagan dalam menghadapi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran gempa bumi berbasis android pada pelajaran geografi di SMA Negeri 2 Tomia; (2) Menganalisis efektivitas penggunaan media pembelajaran gempa bumi berbasis android untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana di SMA Negeri 2 Tomia; (3) Menganalisis respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran gempa bumi. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D), menggunakan tahapan model pengembangan ADDIE, alur pengujian one group pretest-posttest design. Populasi yaitu seluruh kelas XII IPS SMAN 2 TOMIA berjumlah 45 siswa, sampel penelitian yaitu kelas XII IPS 1 SMAN 2 TOMIA berjumlah 18 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Variabel penelitian terdiri dari pengembangan media, efektivitas media dan respon siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, soal latihan, studi pustaka dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, analisis ketuntasan rata-rata, uji N-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata validasi produk oleh ahli media sebesar 87%, ahli materi sebesar 81% dan dari guru geografi sebesar 95%. Nilai rata�rata hasil belajar siswa meningkat. Persentase ketuntasan klasikal aspek pengetahuan sebesar 61% dengan kategori efektif dan aspek kesiapsiagaan sebesar 78% kategori sangat efektif. Rata-rata N-gain aspek pengetahuan dan kesiapsiagaan termasuk dalam klasifikasi sedang. Hasil analisis uji paired sample t-test memperoleh nilai sig < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Total nilai respon siswa berkategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu telah berhasil mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk yaitu media pembelajaran gempa bumi berbasis android yang valid dan layak, dengan harapan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis android, gempa bumi, pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana, respon siswa.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Geografi, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:10
Last Modified: 26 Sep 2024 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64210

Actions (login required)

View Item View Item