Keefektifan Model Pembelajaran Explicit Instruction dan Picture And Picture terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa pada Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII SMP N 1 Karangkobar


Harningtyas Primadani, 4101407046 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Explicit Instruction dan Picture And Picture terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa pada Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII SMP N 1 Karangkobar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Explicit Instruction dan Picture And Picture terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa pada Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII SMP N 1 Karangkobar]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Explicit Instruction dan Picture And Picture terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa pada Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII SMP N 1 Karangkobar) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa, untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa, dan untuk mengetahui adakah perbedaan rata-rata tes kemampuan komunikasi matematik siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangkobar tahun 2010/2011 yang terbagi dalam tujuh kelas. Karena populasinya telah terbagi dalam kelas-kelas maka metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode cluster random sampling dan terpilihlah siswa kelas VIIIB dan VIIIC sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I adalah 80,09,eksperimen II sebesar 78,1 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 72,6. Berdasarkan hasil uji t dan uji proporsi menunjukan bahwa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan, baik ketuntasan individual maupun ketuntasan klasikal. Dari hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh sehingga H0: ditolak. Artinya rata-rata kelas eksperimen dengan rata-rata kelas kontrol tidak sama di mana hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dari hasil perhitungan uji lanjut LSD, rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction tidak berbeda secara signifikan dengan rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Simpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran Explicit Instruction dan Picture and Picture efektif terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa pada materi pokok lingkaran Kelas VIII SMP N 1 Karangkobar . Saran yang dapat peneliti berikan untuk peneliti selanjutnya adalah perkuat landasan teori untuk mendasari penyusunan hipotesis yang lebih tepat dan pergunakan media-media pembelajaran yang lebih menarik, inovatif, dan menyenangkan agar siswa selalu berantusias dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Explicit Instruction, pembelajaran Picture and Picture, kemampuan komunikasi matematik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2011 07:59
Last Modified: 25 Apr 2015 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6421

Actions (login required)

View Item View Item