LITERASI MITIGASI BENCANA NON ALAM COVID-19 DI SEKOLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDIRECT TEACHING
Indi Putri Amaliyah, 0302518002 (2023) LITERASI MITIGASI BENCANA NON ALAM COVID-19 DI SEKOLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDIRECT TEACHING. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Merancang rencana pembelajaran literasi bencana mitigasi bencana covid-19 untuk siswa SMA dengan menggunakan model indirect teaching, (2) Mengkaji implementasi pembelajaran literasi bencana mitigasi Covid-19 untuk setiap mata pelajaran, (3) Mengkaji tingkat efektfitas pembelajaran indirect teaching literasi bencana mitigasi bencana covid-19 setiap mata pelajaran di SMA, (4) mengkaji hubungan antara implementasi model pembelajaran indirect teaching dengan tingkat efektifitas literasi bencana mitigasi bencana covid-19 bagi siswa MAN Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sistematis, terencana dan terstruktur.Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan statistik deskritif, Deskriptif persentase, dan korelasi. Hasil dan kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Rancangan model pembelajaran indirect teaching sudah dilakukan sesuai dengan indikator(2) Implementasi indirect teaching literasi bencana mitigasi bencana Covid-19 untuk setiap mata pelajaran di SMA dampak yang positif diantaranya adalah siswa menjadi termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajar dan kadar keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar menjadi meningkat, dan nilai hasil dari pembelajaran tersebut semakin baik. Hal ini juga dapat terbuktikan pada hasil nilai Ujian Akhir Semester Ganjil dan nilai harian para siswa yang mayoritas di atas rata-rata, karena selama ini di SMA menggunakan strategi indirect teaching literasi bencana mitigasi bencana Covid-19 untuk setiap mata pelajaran dalam penyampaian materi pelajaran. (3) Efektifitas impelemtasi model pembelajaran indirect teaching dengan literasi mitigasi bencana covid-19 Diketahui total skor implementasi model pembelajaran Indirect Teaching guru SMA maksimal dicapai oleh guru bahasa seni budayayaitu 32 dan terendah pada guru biologi yaitu 28. Guru matematika mendapat skor 30, guru Indonesia 31, dan guru ekonomi 29. Sedangkan pada total skor efektifitas pembelajaran terhadap siswa nilai tertinggi pada guru bahasa Indonesia dan guru seni budaya yaitu 32 serta terendah pada guru biologi yaitu 29 (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara implementasi model pembelajaran indirect teaching dengan efektifitas pembelajaran. Nilai signifikansi yang diperoleh (0,006) lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,970 dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara implementasi model pembelajaran indirect teaching dengan efektifitas pembelajaran dengan hubungan yang sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Mitigasi Bencana Covid-19, Indirect Teaching |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Geografi, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 07:04 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64209 |
Actions (login required)
View Item |