PENGARUH PUTARAN SPINDEL DAN KEDALAMAN PEMAKANAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN ACRYLIC HASIL RANCANG BANGUN CNC ROUTER 3 AXIS


Muhammad Yusuf, 5201414070 (2021) PENGARUH PUTARAN SPINDEL DAN KEDALAMAN PEMAKANAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN ACRYLIC HASIL RANCANG BANGUN CNC ROUTER 3 AXIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201414070 - Muhammad Yusuf.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dibuat bertujuan supaya mengetahui pengaruh putaran spindel dan kedalaman pemakanan hasil rancang bangun cnc router 3 axis pada acrylic menggunakan pengujian Scaning Electron Microscope (SEM). Peneitian ini menggunakan metode Pre Experimental Designs, yaitu suatu metode dimana metode ini untuk mencari sebab akibat antara dua faktor experimen dan kontrol. Adapun desain penelitian yang digunakan One Shoot Case Study. Pada penelitian ini acrylic diberi perlakuan yaitu dengan adanya variasi kedalaman pemakanan 0.2mm, 0,4mm, 0,6mm adapun kecepatan spindel 400Rpm, 500Rpm, 700Rpm. Selanjutunya dilakukan observasi atau pengamatan pada permukaan acylic setelah proses pemesinan CNC Router menggunakan alat uji kekasaran Mitutoyo Surftest SJ-210, Sebelum dilakukan pengujian acylic diuji mikro, setelah spesimen diberikan variasi kedalaman pemakanan dan kecepatan spindel kemudian dilakukan pengujian Scanning Electron Microscope (SEM) untuk menghasilkan nilai kekasaran kemudian data yang berupa gambar yang diperbesar bertujuan mendapatkan ukuran skala sebagai perhitungan nilai kekasaran. Penelitian ini dibuat menggunakan teknik statistic deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecepatan putaran dan semakin rendah kedalaman pemakanan maka hasilnya semakin halus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: putaran spindel, kedalaman pemakanan, nilai kekasaran.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 04:53
Last Modified: 26 Sep 2024 04:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64208

Actions (login required)

View Item View Item