ANALISIS BIAYA PERKERASAN JALAN JUGO – SUMBEREJO KECAMATAN DONOREJO KABUPATEN JEPARA
Mochammad Rizqi Felani, 5111417025 (2021) ANALISIS BIAYA PERKERASAN JALAN JUGO – SUMBEREJO KECAMATAN DONOREJO KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan Jugo – Sumberejo, Kecamatan Donorejo merupakan salah satu ruas jalan yang berada di Kabupaten Jepara. Hasil pengamatan lapangan kondisi perkerasan pada jalan Jugo – Sumberejo kurang baik, terlebih luas jalan tersebut sangat sulit dilewati ketika ada dua kendaraan berpapasan. Maka dari itu jalan Jugo – Sumberejo menjadi sasaran pemerintah kabupaten dalam peningkatan kondisi jalan. Peningkatan jalan Jugo – Sumberejo dilakukan dengan pemilihan metode perencanaan, Alternatif 1 perkerasan lentur (flexible pavement) dan Alternatif 2 perkerasan kaku (rigid pavement) dipilih salah satu yang biayanya paling ekonomis. Pedoman yang digunakan dalam merencanakan aspek kekuatan yaitu Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 2017, untuk aspek Keruangan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 2017. Pada penelitian skripsi kali ini tidak membahas tentang aspek geometri jalan , aspek geometri mengikuti kondisi eksisting. Data penunjang lain yaitu data CBR lapangan dengan uji DCP yang mengacu kepada surat edaran Menteri pekerjaan umum No. 04/SE/M/2010. Perencanaan jalan Jugo – Sumberejo diawali dengan melakukan survei lapangan untuk meentukan kondisi perkerasan dengan menggunakan metode RCI dan didapatkan nilai 5,7 yang berarti kondisi permukaan jalan cukup, sedikit lubang, dan permukaan jalan tidak rata. Nilai Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) didapatkan dengan melakukan traffic counting selama 40 jam dan di dapatkan nilai jam puncak sebesar 1027 kendaraan/jam. Degree of Saturation (DS) pada lokasi studi melebihi 0,75 pada akhir umur perencanaan 20 tahun, dengan kondisi tersebut jalan harus ditingkatkan. Perhitungan alternatif 1 perkerasan lentur (flexible pavement) didapatkan desain ac-wc 40mm, ac-wc 60mm, ac base 70mm dan LPA kelas A 300mm, dengan Rencana Anggara Biaya (RAB) sebesar Rp 7,036,000,000.00, sedangkan perhitungan altenatif 2 perkerasan kaku (rigid pavement) didapatkan desain tebal pelat beton 275 mm, lapis pondasi beton kurus 100mm, lapis drainase 150mm dan menggunakan dowel dan tiebar, dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebesar Rp 10,902,200,000.00. Pemilihan perkerasan dengan biaya paling ekonomis dihitung berdasarkan perbandingan biaya konstruksi pertahun, Alternatif 1 didapatkan harga sebesar Rp 351,800,000.00/tahun dan Alternatif 2 sebesar 272,580,000.00. Dari hasil tersebut perencanaan peningkatan ruas jalan Jugo – Sumberejo Kecamatan Donorejo Kabupaten Jepara digunakan Alternatif 2.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Peningkatan Jalan; Degree of Saturation (DS); CBR Lapangan; Rencana Anggaran Biaya (RAB); ekonomis |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 04:22 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 04:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64204 |
Actions (login required)
View Item |