PENGEMBANGAN INTERACTIVE E-BOOK BERMUATAN VIRTUAL LABORATORY GUNA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK


Viola Yorika Ramadhani, 4001417076 (2021) PENGEMBANGAN INTERACTIVE E-BOOK BERMUATAN VIRTUAL LABORATORY GUNA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001417076 - Viola Yorika Ramadhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik, validitas, kemampuan media Interactive E-Book bermuatan Virtual Laboratory dalam menumbuhkan motivasi belajar, serta mengetahui bagaimana hasil belajar kognitif peserta didik. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Sugiyono yang telah dimodifikasi. Analisis potensi dan masalah dilihat dari rendahnya motivasi belajar peserta didik, yang didukung dengan kurangnya inovasi media pembelajaran materi pemanasan global di SMP N 4 Semarang. Media atau sumber belajar yang digunakan menggunakan bahan ajar pdf atau media power point yang direkam layar bersamaan dengan guru menerangkan kemudian diunggah pada laman youtube. Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran interaktif pada materi pemanasan global dalam bentuk E-Book dengan format aplikasi sehingga dapat diakses melalui telepon genggam secara fleksibel. E-Book Interaktif dinyatakan sangat valid dengan rata-rata validasi 92,94% dari validator media dan 89,87% dari validator materi. Kemudian dilakukan uji coba untuk mengetahui keterbacaan media. Hasil penelitian keterbacaan media dari peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 88,92% dengan kriteria sangat baik. Kemampuan E-Book Interaktif dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik terdapat peningkatan kategori tinggi. Selain itu, juga didukung dengan tes kognitif peserta didik. Skor rata-rata pretest diperoleh 51,78 sedangkan skor posttest yakni 85,56. Hasil analisis peningkatan signifikan menggunakan N-gain sebesar 0,71 dengan kriteria dengan kategori tinggi. Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwa media Interactive E-Book bermuatan Virtual Laboratory valid untuk digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran dan mampu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interactive E-Book, Virtual Laboratory, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > L Education (General) > Laboratory Facilities
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:31
Last Modified: 26 Sep 2024 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64188

Actions (login required)

View Item View Item