PENGEMBANGAN E-MODUL STEM TERINTEGRASI ETNOSAINS UNTUK PEMBELAJARAN DARING MATERI GELOMBANG DAN BUNYI UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21
Nikmatul Azmi Zakiyah, 4001416028 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL STEM TERINTEGRASI ETNOSAINS UNTUK PEMBELAJARAN DARING MATERI GELOMBANG DAN BUNYI UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil analisis pembelajaran di SMP N 40 Semarang dan SMP N 1 Kersana menunjukkan masih adanya beberapa kendala dalam proses pembelajaran, diantaranya adalah keterbatasan sumber belajar peserta didik yang hanya menggunakan buku BSE kurikulum 2013. Pembelajaran yang berlangsung hanya menekankan pada pemahaman konsep, sehingga peserta didik belum dapat mengembangkan keterampilan berpikir yang dibutuhkan pada abad 21 seperti keterampilan berpikir kritis, kretif, kolaborasi, dan komunikasi. Sehingga perlu dikembangkan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik untuk dapat mengembangkan berbagai keterampilan yang dibutuhkan. Bahan ajar yang akan dikembangkaan pada penelitian ini adalah e-modul dengan pendekatan etno�STEM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul etno-STEM yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan hasil validitas ahli sesuai dengan indikator kelayakan yang ditetapkan BSNP mendapatkan kriteria sangat layak pada aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan kebahasaan sedangkan pada aspek kelayakan kegrafikan mendapatkan kriteria layak dengan rata-rata skor presentase kelayakan 87,75% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba skala kecil, e-modul etno-STEM mendapat hasil keterbacaan sangat baik oleh guru dan baik oleh peserta didik dengan rata-rata skor presentase keterbacaan 86,43% kriteris sangat baik, serta mendapatkan respon sangat baik oleh peserta didik dengan presentase 82,9%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan e-modul etno-STEM efektif digunakan sebagai sumber belajar pada materi getaran, gelombang, dan bunyi yang ditunjukkan dengan rata-rata peserta didik mampu mencapai ketuntasan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Etno-STEM, Keterampilan Abad 21 |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 03:28 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 03:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64187 |
Actions (login required)
View Item |