PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI PADA PEMBELAJARAN BIOLA DI ALLEGRO MUSIC COURSE SEMARANG


Amalia Citra Charity, 2501417111 (2021) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI PADA PEMBELAJARAN BIOLA DI ALLEGRO MUSIC COURSE SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501417111 - Amalia Citra Charity.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Biola menjadi salah satu instrumen yang banyak diminati akan tetapi juga tidak mudah untuk menguasainya. Kesulitan saat membaca notasi musik dalam pembelajaran biola sering menjadi masalah bagi siswa. Hal ini menjadikan siswa lambat dalam mempelajari materi yang mengakibatkan terhambatnya peningkatan kemampuan dalam bermain biola. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill supaya kemampuan membaca notasi musik menjadi berkembang dan tidak menghambat perkembangan kemampuan dalam bermain biola. Penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai metode pembelajaran biola untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif natural observation dengan pendekatan musikologi, pedagogik, dan komunikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu,observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dimana peneliti akan membandingkan hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah didapatkan.Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Peneliti ingin mengetahui mengenai bagaimana penerapan metode drill pada pembelajaran biola untuk meningkatkan kemampuan membaca di Allegro Music Course Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca notasi. Dalam penerapannya, peserta didik akan diberi materi oleh guru yang telah disesuaikan dengan tingkat kemampuan atau grade masing-masing siswa untuk melatih kemampuan membaca notasi kemudian melatihnya secara berulang kali dan secara bertahap. Penerapan metode drill ini dilakukan supaya peserta didik terbiasa untuk membaca notasi sehingga kemampuan membaca notasi dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat saran yang ditujukan kepada seluruh tenaga pendidik lembaga pendidikan musik baik formal maupun non-formal yang melaksanakan pembelajaran biola supaya dapat menerapkan metode drill pada pembelajaran biola untuk dapat melatih kemampuan membaca notasi yang nantinya akan bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan dalam bermain biola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Pembelajaran Biola, Membaca Notasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:09
Last Modified: 26 Sep 2024 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64182

Actions (login required)

View Item View Item