PROSES PEMBELAJARAN BERNYANYI LAGU DAERAH SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 4 SEMARANG


KARINA, 2501417002 (2021) PROSES PEMBELAJARAN BERNYANYI LAGU DAERAH SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501417002 - Karina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran bernyanyi lagu daerah secara daring pada masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 4 Semarang. Pandemi COVID-19 menyebabkan penghambatan dalam melakukan kegiatan di seluruh dunia, termasuk kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 4 Semarang. Tentang proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Semarang, khususnya proses pembelajaran bernyanyi lagu daerah secara daring yang akan di dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah diperoleh divalidasi menggunakan trianggulasi deskriptif dan trianggulasi sumber. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan tentang data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran bernyanyi lagu daerah secara daring di SMP Negeri 4 Semarang menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan proses pembelajaran bernyanyi lagu daerah secara daring. Aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran bernyanyi lagu daerah secara daring di SMP Negeri 4 Semarang menggunakan platform digital (Stream Yard, WhatsApp, YouTube). SMP Negeri 4 Semarang menghadapi situasi pandemi COVID-19 dengan melakukan persiapan menyediakan berbagai media dan mencoba berbagai aplikasi untuk melakukan proses pembelajaran secara daring agar menghentikan penyebaran COVID-19. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran bernyanyi lagu daerah secara daring di SMP Negeri 4 Semarang dengan menerapkan pembelajaran secara daring dapat mengatasi masalah penyebaran COVID-19 dan mengatasi pembelajaran dengan baik. Untuk lebih mendukung kesinambungan proses pembelajaran bernyanyi lagu daerah secara daring di SMP Negeri 4 Semarang, SMP Negeri 4 Semarang perlu membagikan kuota gratis bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pandemi COVID-19, pembelajaran daring, pembelajaran vokal
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:06
Last Modified: 26 Sep 2024 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64181

Actions (login required)

View Item View Item