EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN DARING BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XIII SMKN 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022


Khomsah Nur Izah, 2404417010 (2021) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN DARING BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XIII SMKN 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2404417010 - Khomsah Nur Izah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Mandarin merupakan mata pelajaran pilihan untuk siswa kelas XIII SMKN 7 Semarang. Selama pandemi, proses pembelajaran Bahasa Mandarin dilaksanakan secara daring, siswa Kelas XIII merupakan pemula, pertama kalinya mempelajari Bahasa Mandarin, maka perlunya guru membuat suasana kelas yang menyenangkan dan menggunakan media yang menarik dalam pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik. Melihat fenomena tersebut, penulis menggunakan media Quizizz dalam pembelajaran daring Bahasa Mandarin siswa kelas XIII SMKN 7 Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan media Quizizz dalam pembelajaran daring pada siswa kelas XIII SMKN 7 Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan bentuk Posttest Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas XIII SMKN 7 Semarang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 19 orang dan kelas kontrol yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket respon. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji Kuder Richardson 20 untuk uji reliabilitas instrumen. Uji Kolmogrov Smirnov untuk uji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas data, dan uji Independent sample t-test untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji Independent sample t-test data hasil belajar siswa menunjukkan thitung > ttabel ( 2.139 > 2.035 ) dan nilai signifikansinya ( 0.040 < 0.050 ). Dengan demikian analisis data dari hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media Quizizz memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Berdasarkan data tersebut, telah terbukti bahwa penggunaan media Quizizz berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis angket respon yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Quizizz pada pembelajaran daring Bahasa Mandarin sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase pada setiap angket respon siswa yaitu pada aspek tercapainya tujuan pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 87% sangat setuju, aspek minat peserta didik terhadap penggunaan Quizizz dalam pembelajaran Bahasa Mandarin diperoleh rata-rata sebesar 86% sangat setuju, pada aspek sikap peserta didik terhadap penggunaan Quizizz dalam pembelajaran Bahasa Mandarin diperoleh rata-rata sebesar 87% sangat setuju. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa banyak yang tertarik, termotivasi dan terbantu dengan penggunaan media Quizizz dalam pembelajaran daring Bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektifitas, bahasa mandarin, pembelajaran daring, Quizizz, hasil belajar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:50
Last Modified: 26 Sep 2024 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64176

Actions (login required)

View Item View Item