ANALISIS KENDALA GURU BAHASA JEPANG DI KOTA SEMARANG DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Sherafina Juniva Nareswari, 2302417045 (2021) ANALISIS KENDALA GURU BAHASA JEPANG DI KOTA SEMARANG DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan suatu perubahan berskala besar dari konvensional menjadi daring dalam waktu yang singkat, sehingga adanya hambatan atau kendala dalam pelaksanaan PJJ kemudian menjadi tantangan untuk guru. Masalah teknis merupakan salah satu kendala dari sekian banyak kendala dalam proses belajar mengajar secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kendala yang dialami oleh guru bahasa Jepang SMA di Kota Semarang dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah 23 guru bahasa Jepang SMA di Kota Semarang. Data penelitian diperoleh melalui angket tertutup yang terdiri atas 22 pertanyaan dengan skala pengukuran likert dari 6 indikator yang diukur, yakni aplikasi pembelajaran, internet, gawai, pengelolaan pembelajaran, penilaian, dan pengawasan. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui perolehan hasil persentase rata-rata jawaban yaitu 69,9%. Hal tersebut menunjukkan bahwa lebih dari setengah guru bahasa Jepang SMA di Kota Semarang mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring. Hasil persentase terendah yaitu 58,6% terdapat pada pertanyaan dari indikator gawai dan dapat diketahui bahwa lebih dari setengah guru bahasa Jepang SMA di Kota Semarang mengalami kesulitan karena terdapat kendala pada gawai/komputer yang digunakan untuk akses aplikasi pembelajaran secara daring. Sedangkan hasil persentase tertinggi yaitu 82,6% terdapat pada pertanyaan dari indikator penilaian dan dapat diketahui bahwa sebagian besar guru bahasa Jepang SMA di Kota Semarang sangat kesulitan dalam melakukan penilaian sikap siswa selama proses pembelajaran secara daring.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran jarak jauh, pembelajaran daring, kendala guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > perceptions of teachers |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 02:37 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 02:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64173 |
Actions (login required)
View Item |