PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS PUISI BERMUATAN NILAI-NILAI TOLERANSI BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA


Meditta Dhama Vaddhanti, 2101417002 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS PUISI BERMUATAN NILAI-NILAI TOLERANSI BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101417002_MEDITTA DHAMA VADDHANTI - Meditta Dhama Vaddhanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar merupakan komponen penting yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar. Dengan adanya bahan ajar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan lebih lancar dan terarah, sehingga pendidik dapat mengelola kegiatan secara efektif dan efisien. Selain itu peserta didik juga dapat mengikuti kegiatan pembelajaran serta memahami materi pelajaran dengan maksimal. Akan tetapi, belum terdapat bahan ajar yang khusus membahas teks sastra khususnya teks puisi. Banyak permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran menulis teks puisi pada kelas X SMA/MA, termasuk dalam materi yang sulit untuk dipahami karena membutuhkan daya imajinasi yang tinggi. Pendidik merasa kesulitan dalam membelajarkan kompetensi dasar tersebut karena minimnya pemahaman peserta didik mengenai materi menulis teks puisi, serta daya imajinasi peserta didik yang rendah. Hal tersebut mengacu pada kurangnya buku pembelajaran yang memperkaya pengetahuan dan wawasan peserta didik maupun pendidik. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, maka peneliti mengambangkan bahan menulis teks puisi untuk menunjang dan memaksimalkan pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan memiliki muatan nilai-nilai toleransi yang bertujuan meningkatkan nilai karakter toleran pada diri peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) memaparkan hasil analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi bagi peserta didik kelas X SMA/MA, (2) memaparkan kriteria dan desain prototipe bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi bagi peserta didik SMA/MA kelas X SMA/MA, (3) memaparkan hasil penilaian prototipe bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi bagi peserta didik SMA/MA kelas X SMA/MA menurut dosen ahli, (4) memaparkan hasil perbaikan peototipe pengembangan bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi bagi peserta didik SMA/MA kelas X SMA/MA. Penelitian pengmbangan bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi bagi peserta didik kelas X SMA/MA ini menggunakan metode penelitian research dan development (R&D) yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yang meliputi lima tahapan, yaitu (1) pengumpulan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi produk. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik kelas X SMA N 1 Bandar Sribhawono, SMA PL Don Bosko Semarang, dan MA Al Asror Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data angket kebutuhan peserta didik dan pendidik, serta angket validasi produk dosen ahli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan dan simpulan data. Setelah melaksanakan penelitian, diperoleh data keutuhan terhadap bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi sebagai berikut. kebutuhan bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi dibagi menjadi 3 aspek, yaitu (1) aspek karakteristik bentuk fisik bahan ajar, (2) aspek kebutuhan bahan ajar bermuatan nilai toleransi, (3) aspek harapan peserta didik dan pendidik terhadap bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi. Analisis pada aspek karakteristik bahan ajar meliputi 5 aspek, yaitu (1) aspek keutuhan bahan ajar, (2) aspek materi dan isi, (3) aspek grafika, (4) penyajian, (5) aspek bahasa. Berdasarkan hasil analisis pada aspek karakteristik peserta didik membutuhkan bahan ajar sebagai buku pendamping belajar, karena selama proses belajar mengajar berlangsung rata-rata pendidik dan peserta didik hanya menggunakan Buku Teks Bahasa Indonesia. Pada aspek materi dan isi dapat disimpulkan bahwa materi yang disajikan harus mudah dipahami peserta didik dan memiliki materi yang lengkap, dan menekankan pada materi menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi. Pada aspek grafika, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang disajikan harus dalam bentuk desain yang menarik, dengan menggunakan perpaduan warna gelap dan cerah. Pendidik dan peserta didik memilih kombinasi ilustrasi antar gambar kartun dan gambar asli sebagai ilustrasi bahan ajar. Pada aspek penyajian dapat disimpulkan bahwa pola penyajian pada bahan ajar adalah pola penyajian deduktif, yaitu materi yang menerangkan terlebih dahulu, kemudian penyajian contoh, dan rangkuman disajikan di akhir setiap bab. Pada aspek bahasa, peserta didik dan pendidik memilih menggunakan bahasa yang menarik dan komunikatif. Penilaian dan saran perbaikan desain prototipe bahan ajar dilakukan oleh dua dosen ahli dalam bidang pembelajaran sastra dan pengembangan buku memberikan penilaian pada setiap bagian bahan ajar dengan jumlah nilai rata-rata, yaitu (1) bagian awal bahan ajar memperoleh nilai rata-rata 85 dengan kategori sangat baik, (2) bagian isi bahan ajar memperoleh nilai rata-rata 97 dengan kategori sangat baik, (3) bagian akhir bahan ajar memperoleh nilai rata-rata 65 dengan kategori baik. Perbaikan yang dilakukan terhadap desain prototipe bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi didasarkan pada saran perbaikan yang diberikan oleh dosen ahli. Perbaikan tersebut antara lain, (1) menambah dan memperbaiki materi, khususnya materi menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi, (2) memperbaiki sampul depan dan belakang buku agar lebih sesuai dengan bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi bagi peserta didik kelas X SMA/MA (3) memperbaiki ukuran huruf, dan pranata bahan ajar. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian pengembangan bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi, saran yang dapat peneliti ambil dari penelitian ini sebagai berikut. (1) bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai�nilai toleransi mengintegrasikan nilai karakter toleran agar peserta didik dapat mencontoh dan mendalami karakter toleransi yang disajikan dalam bahan ajar. Namun, bahan ajar ini baru membahas toleransi antar umat beragama, perbedaan pendapat, dan kebiasaan. Maka masih banyak nilai toleransi yang belum dibahas dalam bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi ini. (2) bahan ajar menulis teks puisi bermuatan nilai-nilai toleransi yang dikembangkan oleh peneliti belum sempurna, hendaknya dilakukan penelitian lanjutan dan uji coba keefektifan bahan ajar sebagai penyempurnaan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, menulis teks puisi, nilai-nilai toleransi.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:10
Last Modified: 26 Sep 2024 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64166

Actions (login required)

View Item View Item