STRATEGI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA SAAT PANDEMI COVID-19 DI POS PAUD NUSA INDAH KANGKUNG KABUPATEN KENDAL
Dewi Hajar, 1601416096 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA SAAT PANDEMI COVID-19 DI POS PAUD NUSA INDAH KANGKUNG KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan strategi pembelajaran daring berbasis kolaborasi guru dan orang tua saat Pandemi Covid-19 di Pos PAUD Nusa Indah Kangkung Kabupaten Kendal. 2) Menjelaskan tantangan implementasi pembelajaran daring berbasis kolaborasi guru dan orang tua saat Pandemi Covid-19 di Pos PAUD Nusa Indah Kangkung Kabupaten Kendal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Waktu yang dibutuhkan adalah 4 bulan yaitu bulan Januari 2021 sampai dengan bulan Mei 2021. Teknik triangulasi data digunakan untuk memperoleh data yang valid dengan membandingkan data satu ke data yang lain. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui strategi pembelajaran daring yang berbasis kolaborasi antara guru dan orang tua siswa sekolah PAUD. Subyek penelitian sebanyak satu kepala sekolah, satu guru dan dua orang tua siswa Pos PAUD Nusa Indah Kangkung. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti adalah sebagai berikut : 1). Strategi pedagogis konstruktivistik adalah strategi yang digunakan dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di Pos PAUD Nusa Indah Kangkung, strategi ini meliputi kolaborasi, proyek, pertanyaan dan diskusi. 2). Tantangan utama yang dihadapi guru dan orang tua pada saat berkolaborasi dalam implementasi pembelajaran daring adalah keterbatasan jaringan, kurangnya pelatihan, kurangnya kesadaran, serta minat siswa dan orang tua. Sekolah dan guru melaksanakan kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah sebagai upaya memperlambat penyebaran Covid-19 namun sekaligus tetap memastikan peserta didik dalam kegiatan konstruktif melalui pembelajaran daring. Berbagai Platform media online digunakan dalam pembelajaran daring, sementara guru, peserta didik, dan orang tua terus melakukan penyesuaian seiring berjalannya waktu. Namun demikian pelaksanaan pembelajaran daring memiliki hambatan/ kendala baik dari aspek sumber daya manusia maupun sarana prasarana.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pembelajaran Daring, Kolaborasi, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 02:02 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 02:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64165 |
Actions (login required)
View Item |