HUBUNGAN EFIKASI DIRI ONLINE LEARNING DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEMARANG
Shadillah Ilhami R.H, 1511415086 (2021) HUBUNGAN EFIKASI DIRI ONLINE LEARNING DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Online learning di masa pandemi covid-19 membawa dampak positif yaitu dapat memfasilitasi pembelajaran tanpa terhalang jarak, namun dibalik itu, online learning juga memberikan dampak negatif yaitu munculnya gangguan jaringan dan bertambahnya tuntutan tugas (akademik dan non-akademik) yang dapat memicu stres akademik pada mahasiswa. Dalam menghadapi situasi penuh tekanan tersebut, efikasi diri berperan sebagai mekanisme kognitif terkait bagaimana individu menyakini kemampuan yang dimilikinya dalam menyelesaikan suatu tuntutan tugas yang kemudian mempengaruhi cara pandangnya akan tuntutan tugas yang ada dan tingkat stres yang dirasakannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan efikasi diri online learning dengan stres akademik mahasiswa pelaku online learning. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian yaitu mahasiswa psikologi angkatan 2019 dan 2020 Universitas Negeri Semarang tahun ajaran ganjil 2020/2021. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 100 orang menggunakan teknik convenience sampling. Skala yang digunakan berupa skala stres akademik sejumlah 44 item dengan koefisien validitas dari 0,184 sampai dengan 0,720 dan reliabilitas sebesar 0,934 serta skala efikasi diri online learning sejumlah 15 item dengan koefisien validitas dari 0,574 sampai dengan 0,782 dan reliabilitas sebesar 0,923. Pengolahan data menggunakan teknik analisis korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan stres akademik dan efikasi diri online learning mahasiswa berada pada kategori sedang dengan nilai Pearson correlation sebesar - 0,352 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Disimpulkan bahwa efikasi diri online learning memiliki hubungan negatif terhadap stres akademik pada mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stres Akademik, Efikasi Diri Online Learning, Mahasiswa, Online Learning |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Stress |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Psikologi (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 01:54 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 01:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64163 |
Actions (login required)
View Item |