ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DENGAN BUKU SISWA PADA TEMA “CITA�CITAKU” KELAS IV SEKOLAH DASA


Bangkit Gigih Prayoga, 1401417290 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DENGAN BUKU SISWA PADA TEMA “CITA�CITAKU” KELAS IV SEKOLAH DASA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417290- Bangkit Gigih Prayoga.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan analisis tentang kesesuaian buku guru dengan buku siswa melalui indikator kesesuaian materi dan kesesuaian penyajian. Kesesuaian tersebut dapat memungkinkan ketercapaiannya tujuan pendidikan nasional. Penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh pada penelitian kali ini adalah dari buku guru dan buku siswa kelas IV tema cita-citaku. Teknik analis data menggunakan deskriptif analisis dengan analisis persentase yang digunakan menggunakan prosedur statistik sederhana. Hasil yang didapat pada penelitian menunjukkan bahwa (1) kesesuaian materi pada buku guru dan buku siswa berada pada skala yang sangat baik dengan presentase 81,9%. Kekurangan terlihat pada butir keterkinian fitur, contoh dan rujukan yang hanya memperoleh rerata skor 2 dan butir kontekstual dengan rerata skor 2,5, dengan diperolehnya skor tersebut pada subkomponen materi pendukung pembelajaran akan sangat mempengeruhi jumlah skor secara keseluruhan pada komponen kesesuaian materi, (2) kesesuaian penyajian pada buku guru dan buku siswa memperoleh rata-rata skor 80,8%. Dengan letak kekurangan pada butir glosarium yang tidak dicantumkan pada kedua buku sehingga hanya memperoleh skor 1. Pada rangkuman dan peta konsep hanya buku guru yang menyajikan peta konsep sedangkan untuk buku siswa tidak disajikan sehingga mempengaruhi perolehan skor dengan memperoleh rata-rata 1,5. Dari sinilah terlihat bahwa skor 1 dan 1,5 sangat mempengaruhi jumlah skor pada subkomponen kesesuaian penyajian. Dengan hasil menikian maka penulis dan penerbit perlu adanya perbaikan terkait dengan efektivitas kemampuan penyampaian makna dan kelengkapan setiap butir komponen kesesuaian buku, serta guru juga perlu melakukan analisis mendalam terkait dengan buku buku yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesesuaian, buku guru, buku siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:49
Last Modified: 26 Sep 2024 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64161

Actions (login required)

View Item View Item