PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS INDEX CARD MATCH MUATAN PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SDN SIDOMULYO 04 KABUPATEN SEMARANG


TATAG TYASTOKO, 1401417196 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS INDEX CARD MATCH MUATAN PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SDN SIDOMULYO 04 KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417196_ - Tatag Tyastoko.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait sumber belajar dan media yang kurang memadai. Dalam pembelajaran yang telah berlangsung sebelumnya guru belum maksimal dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa, karena guru menggunakan ceramah sehingga hasil belajar siswa muatan pembelajaran IPS rendah. Media yang digunakan belum menarik siswa untuk lebih aktif mengikuti pembelajaran. Siswa membutuhkan suatu alternative baru untuk dapat mempermudah siswa memahami materi aktivitas ekonomi.Tujuan penelitian ini antara lain (1) Mengembangkan desain media ular tangga berbasis index card match muatan pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi kelas IV SDN Sidomulyo 04 Kab.Semarang, (2) Menguji kelayakan media ular tangga berbasis index card match muatan pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi kelas IV SDN Sidomulyo 04 Kab.Semarang, (3) Menguji keefektifan media ular tangga berbasis index card match muatan pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi kelas IV SDN Sidomulyo 04 Kab.Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model dari Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri Sidomulyo 04 Kab.Semarang, sedangkan sample penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Sidomulyo 04 Kab.Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media ular tangga berbasis index card match berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa, dinyatakan oleh ahli materi sebesar 88% (sangat layak) dan ahli media sebesar 82% (sangat layak). Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 6,573 dan ttabel sebesar 2,056 maka thitung > ttabel maka Ha diterima, peningkatan rata-rata (n-gain) sebesar 0,3095 dengan kreteria sedang. Simpulan dari penelitian ini yaitu media ular tangga berbasis index card match berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Saran pada penelitian ini yaitu dapat menjadi salah satu media yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS pada materi aktivitas ekonomi maupun untuk muatan pembelajaran lain dengan lebih inovatif dan juga menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; aktivitas ekonomi; media; index card match
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:44
Last Modified: 26 Sep 2024 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64159

Actions (login required)

View Item View Item