HUBUNGAN KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SBdP KELAS IV SDN DI GUGUS INDRAPRASTA KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG
Laila Noviana, 1401417173 (2021) HUBUNGAN KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SBdP KELAS IV SDN DI GUGUS INDRAPRASTA KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar yang diperoleh siswa dari tugas sekolah setiap individu berbeda-beda. Kemandirian menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam hal ini kemandirian menjadi faktor penting dalam menunjang kegiatan belajar. Pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh selama pandemi mengharuskan siswa melakukan kegiatan belajar secara mandiri. Penunjang lain dalam pencapaian hasil belajar siswa adalah motivasi belajar, dengan adanya motivasi akan memberikan dorongan pada siswa untuk melakukan kegiatan belajar. Motivasi yang tepat akan memberikan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar SBdP materi nada kelas IV, menguji hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar SBdP materi nada kelas IV, dan menguji hubungan kemandirian belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar SBdP materi nada kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 111 siswa kelas IV SDN Gugus Indraprasta. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling sebanyak 111 siswa. Semua populasi dijadikan sampel untuk memperoleh kesalahan yang relatif kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel kemandirian dan motivasi belajar, dokumentasiserta wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data hasil belajar. Teknik analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat dan analisis data akhir menggunakan uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji F, dan uji determinasi. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan : (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar SBdP materi nada kelas IV karena rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,943 > 0,156 ; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar SBdP materi nada kelas IV karena rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,832 > 0,156 ; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dan motivasi belajar dengan hasil belajar SBdP materi nada kelas IV karena rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,988 > 0,156 . Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dan motivasi belajar dengan hasil belajar SBdP materi nada Kelas IV SDN Gugus Indrapasta Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Saran penelitian, guru diharapkan dapat lebih memperhatikan kemandirian dan motivasi belajar yang dimiliki siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, kemandirian belajar, motivasi belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > motivation to learn |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 01:41 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 01:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64158 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |