HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN INTENSITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS CEMPAKA KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG
Siti Munifatul Khasanah, 1401417046 (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN INTENSITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS CEMPAKA KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang ada di SD Gugus Cempaka Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang menunjukkan bahwa intensitas belajar siswa di luar jam sekolah masih rendah, dilihat dari durasi belajar setiap harinya sebanyak 51,2% siswa mempunyai durasi belajar kurang dari 1 jam, sebanyak 40,5% siswa mempunyai frekuensi belajar diluar jam sekolah hanya sekali dalam seminggu. Perhatian orang tua yang berbeda-beda dan beberapa dari orang tua sibuk bekerja sehingga jarang sekali menanyakan perkembangan siswa kepada guru, serta tingkat pendidikan orang tua juga berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan intensitas belajar siswa, (2) menguji hubungan perhatian orang tua dengan intensitas belajar siswa, (3) menguji hubungan tingkat pendidikan dan perhatian orang tua dengan intensitas belajar siswa kelas IV SD Gugus Cempaka Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang menggunakan sampel sebanyak 121 siswa diambil berdasarkan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada hubungan yang negatif dan tidak signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan intensitas belajar, nilai rhitung = -0,041 (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan intensitas belajar, nilai rhitung= 0,447 dalam kategori sedang dan berkontribusi sebesar 22,8%, (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan intensitas belajar, nilai rhitung = 0,522 dalam kategori sedang dan berkontribusi sebesar 27,3%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan intensitas belajar siswa kelas IV SD Gugus Cempaka Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Sehingga orang tua diharapkan lebih memperhatikan proses belajar anak agar intensitas belajar siswa di rumah lebih terkontrol sehingga hasil belajar siswa di sekolah dapat lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas belajar, perhatian orang tua, tingkat pendidikan orang tua |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) > Development of Child L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 01:36 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 01:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64156 |
Actions (login required)
View Item |