PENGELOLAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH ALTERNATIF BERBASIS RISET DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) BANTUL, YOGYAKARTA


Eli Mulyani, 12014141015 (2021) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH ALTERNATIF BERBASIS RISET DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) BANTUL, YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201414015 - Eli Mulyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan pembelajaran berbasis riset di Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran di PKBM SALAM dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil pembelajaran. Perencanaan pembelajaran di dari tiga kegiatan mulai dari, 1) menetapkan tujuan, 2) Menyusun kurikulum, dan 3) menentukan metode dan media pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran mengacu pada Daur Belajar yang terdiri dari lima fase yang berupa lakukan, ungkap data (rekonstruksi), menganalisis (kaji urai), simpulkan (refleksi), dan lakukan. Implementasi Daur Belajar ini pendidik sebagai fasilitator telah terlebih dahulu merencanakan untuk menggunakan metode atau media setiap kali pertemuan dalam proses belajar mengajar. Ada dua macam evaluasi pembelajaran yang di lakukan oleh pihak SALAM yaitu evaluasi hasil belajar dan evaluasi proses belajar. Faktor penghambat dalam pengelolaan pembelajaran ialah perbedaan pemahaman orang tua dengan metode pembelajaran yang dianut di SALAM, dan permasalahan keuangan yang diakibatkan dari ketidaktertiban orang tua dalam pembayaran iuran pendidikan. Faktor pendukung dalam pengelolaan pembelajaran di SALAM ialah dukungan dari pihak internal dan eksternal baik dalam bentuk materi maupun non materi. Dukungan tersebut bersumber dari komunitas dan donator SALAM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran; PKBM SALAM.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:29
Last Modified: 26 Sep 2024 01:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64154

Actions (login required)

View Item View Item