PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS, PENYAJIAN DATA, DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR DAN JARINGAN TUMBUHAN
Mahasti Wiandita, 4401418047 (2023) PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS, PENYAJIAN DATA, DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR DAN JARINGAN TUMBUHAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Setelah kurang lebih satu tahun pembelajaran dilaksanakan secara online, kini kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan secara offline. Perubahan pada proses pembelajaran, siswa dan pendidik perlu melakukan adaptasi ulang dalam kegiatan pembelajarannya. Perencanaan awal seperti pembuatan perangkat pembelajaran perlu dibenahi kembali untuk mempermudah proses pembelajaran. Kurikulum 2013 pada KD 3.3 dan 4.3 membahas mengenai struktur jaringan tumbuhan yang penerapannya perlu menguasai kemampuan analisis dan penyajian data sesuai dengan bunyi KDnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan analisis, penyajian data, dan hasil belajar siswa setelah menerapkan perangkat pembelajaran berbasis multipel representasi dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi eksperimental dengan bentuk Non equivalent Control Group. Populasi penelitian merupakan siswa kelas XI MIPA yang belum mendapatkan materi struktur dan jaringan tumbuhan. Sampel yang dipilih dalam pelaksanakan penelitian meliputi siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kemampuan analisis, penyajian data, dan hasil belajar siswa berturut-turut diukur menggunakan nilai ketuntasan maksimal, perbedaaan rata-rata, dan n-gain dengan teknik analisis data menggunakan uji kolmogorov smirnov, uji wilcoxon, dan uji normalized gain. Hasil penelitian pada nilai ketuntasan maksimal siswa kelas eksperimen dinyatakan tuntas, uji kolmogorov smirnov nilai yang didapatkan tidak normal, maka dilanjut uji non-parametrik yaitu uji wilcoxon menghasilkan perbedaan rata-rata yang signifikan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis multipel representasi, dan dilanjut dengan uji normalized gain. N-gain kelas eksperimen kemampuan analisis berada di tingkat sedang dengan nilai gain 0,70, kemampuan penyajian data berada di tingkat sedang dengan nilai gain 0,68, dan hasil belajar siswa berada di tingkat tinggi dengan nilai gain 0,71. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis multipel representasi dapat meningkatkan kemampuan analisis, penyajian data, dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran, multipel representasi, kemampuan analisis, penyajian data, hasil belajar siswa, struktur dan jaringan tumbuhan. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:11 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64151 |
Actions (login required)
View Item |