ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI MINYAK BUMI


Mareta Silviana, 4301416091 (2023) ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI MINYAK BUMI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301416091_Mareta Silviana  - Laboratorium Geodesi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum 2013 yang saat ini diterapkan di Indonesia, menitikberatkan pada pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa. Pada pendekatan ini, siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran sementara guru memiliki peran mendorong kreativitas siswa. Pentingnya pengembangan metakognisi juga ditekankan dalam proses pembelajaran. Metakognisi mencakup kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pengaturan kesadaran atas proses kognitif, yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan merespon tantangan belajar secara lebih mendalam. Hasil penilaian literasi sains, seperti yang dilakukan oleh Programme for International Student Assessment (PISA), mengindikasikan perlunya peningkatan literasi sains di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis profil keterampilan metakognisi dan profil tingkat literasi sains peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek pada materi minyak bumi. Penelitian ini menggunakan desain post-test only control design yang melibatkan subjek penelitian di SMA Negeri 1 Pati kelas XI IPA 4. Teknik pengumpulan data menggunakan model tes, angket, dan penilaian hasil proyek. Analisis kelayakan instrumen tes menggunakan Rasch Model. Profil pengukuran literasi sains pada pembelajaran berbasis proyek siswa menunjukkan pada kriteria sedang dengan presentase sebesar 56%. Ketercapaian literasi sains pada aspek kompetensi menunjukkan mengintepretasi data dan fakta secara ilmiah dengan presentase tertinggi, sebesar 58%. Proporsi siswa pada berbagai level metakognitif adalah sebagai berikut: 6% siswa berada pada level Aware Use, sekitar 28% siswa berada pada level Strategic Use, dan sekitar 66% siswa berada pada level Reflective Use.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan metakognisi, literasi sains, proyek
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:56
Last Modified: 25 Sep 2024 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64148

Actions (login required)

View Item View Item