Pemanfaatan CD Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa SMAN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan Pada Konsep Sintesis Protein


Galih Anjar Baskoro, 4401404001 (2011) Pemanfaatan CD Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa SMAN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan Pada Konsep Sintesis Protein. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan CD Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa SMAN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan Pada Konsep Sintesis Protein]
Preview
PDF (Pemanfaatan CD Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa SMAN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan Pada Konsep Sintesis Protein) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan dengan guru yang bersangkutan bahwa materi sintesis protein sulit diterima oleh siswa dikarenakan sintesis protein merupakan suatu proses yang berkaitan sehingga membutuhkan visualisasi media yang lebih baik lagi dibanding chart. Media CD pembelajaran sintesis protein yang berisi gambar animasi jalannya proses sintesis protein, kode genetika dan lainnya yang berkaitan Penelitian ini dirancang sebagai suatu penelitian tindakan kelas, dan dirancang dalam tiga siklus. Siklus I, pembelajaran dengan materi DNA-RNA dengan CD pembelajaran sintesis protein, diskusi siswa dan post test di akhir siklus I. Siklus II, pembelajaran dengan materi sintesis protein dan kode genetika dengan CD pembelajaran sintesis protein, diskusi siswa dan post test di akhir siklus II. Siklus III, kegiatan presentasi setiap kelompok tentang sintesis protein dan tes akhir siklus III. Data aktivitas siswa diambil dengan observasi (numerical rating scale I), data hasil belajar siswa dengan melaksanakan tes tertulis siswa (multiple choice), data tanggapan siswa dan guru menggunakan angket tanggapan siswa dan guru. Data dianalisis dengan cara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan aktivitas siswa dari siklus I sampai dengan siklus III mengalami peningkatan aktivitas pada siklus I mencapai 85,37%, pada siklus II mencapai 87,80% dan pada siklus III mencapai 97,56% kesemuanya masuk dalam kriteria tinggi. Ketuntasan klasikal siswa secara keseluruhan meningkat dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,41%, 75,6% dan 85,36% berturut-turut pada siklus I, II dan III. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bahwa pemanfaatan CD pembelajaran pada pembelajaran konsep sintesis protein dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bojong tahun pelajaran 2009-2010. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator keberhasilan yaitu meningkatnya aktivitas siswa yang memenuhi kriteria tinggi sekurang-kurangnya 80% dari jumlah siswa memperoleh kriteria tinggi dan meningkatnya nilai hasil belajar siswa yaitu sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa memperoleh nilai rata-rata tuntas belajar secara individual ≥ 62 per siklusnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, CD pembelajaran, Sintesis protein
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2011 02:50
Last Modified: 25 Apr 2015 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item