MODEL MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DARI VIRAL MARKETING, CONSUMER ONLINE REVIEWS DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Produk Pond’s Whitening Cream di Kota Rembang)


Devi Nurullia Ramandhani, 7311418030 (2022) MODEL MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DARI VIRAL MARKETING, CONSUMER ONLINE REVIEWS DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Produk Pond’s Whitening Cream di Kota Rembang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311418030_Devi Nurullia Ramandhani - Devi Nurullia Ramandhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan bisnis di era globalisasi bergerak cepat berdampak pada persaingan pemasaran yang begitu ketat di berbagai industri. Salah satunnya adalah pada industri kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing, consumer online reviews, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita pengguna produk Pond’s Whitening Cream di Kota Rembang dengan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden, dengan menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel viral marketing, consumer online reviews dan brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa minat beli mampu memediasi hubungan antara viral marketing, consumer online reviews dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian. Saran Pond's untuk mengatasi penurunan penjualan produk dengan lebih giat selalu memberikan penawaran yang menarik dan menguntungkan bagi konsumen serta meningkatkan reputasi baik yang dimiliki Pond's. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan variabel independent lain terhadap keputusan pembelian serta dapat mengganti objek penelitian untuk dilihat perbandingan hasilnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Viral Marketing, Consumer Online Reviews, Brand Ambassador, Minat Beli, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:58
Last Modified: 24 Sep 2024 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64089

Actions (login required)

View Item View Item