PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEMAMPUAN PEMASARAN (Studi pada Pengusaha Food Truck Semarang)


Mukhammad Khazim, 7311415134 (2022) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEMAMPUAN PEMASARAN (Studi pada Pengusaha Food Truck Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311415134 - mukhammad khazim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang banyak tantangan yang dialami para pebisnis dalam menggaet konsumen milenial pada usaha kuliner. Food truck menjadi salah satu upaya pelaku bisnis menghantarkan produk dengan cara yang kekinian sehingga memiliki pangsa pasar tersendiri yaitu kaum millenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui kemampuan pemasaran pada pengusaha Food Truck Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha Food Truck Semarang. Penelitian ini menggunakan accidental sampling dengan sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan kemampuan pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan untuk mediasi, kemampuan pemasaran mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran secara positif dan signifikan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan kemampuan pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan untuk mediasi, kemampuan pemasaran mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran secara positif dan signifikan. Saran untuk komunitas food truck Semarang diharapkan dapat mengevaluasi perubahan konsumen terkait produk atau layanan yang diinginkan dengan tidak mengabaikan perubahan dalam kebutuhan produk atau pelayanan yang diinginkan konsumen. Pengusaha harus berani dalam mengambil risiko, berani berinovatif, serta proaktif, sehingga mampu meningkatkan kinerja pemasaran. meningkatkan kemampuan pemasaran itu sangat penting, pengusaha harus mampu menstabilkan harga, mampu mengembangkan produk baru, serta mampu mengkomunikasikan pemasaran. Dengan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemasaran, Kinerja Pemasaran, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:28
Last Modified: 24 Sep 2024 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64075

Actions (login required)

View Item View Item