PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH EBOOK INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MASALAH AKTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI RUNTUHNYAHINDIA BELANDA PADA SISWA KELAS XI DI SMA NU 05 BRANGSONG


Haidar Trisna Tanaya, 3101419039 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH EBOOK INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MASALAH AKTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI RUNTUHNYAHINDIA BELANDA PADA SISWA KELAS XI DI SMA NU 05 BRANGSONG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101419039- Haidar Tanaya.docx] HTML - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Sejarah memiliki peran penting dalammenumbuhkan kesadaran Sejarah dan mengembangkan sikap kedewasaan bagi siswa serta menanamkan nilai-nilai kehidupan. Namun, pembelajaran Sejarah kenyataanya sering dipandang sebagai mata Pelajaran yang membosankan, tidak inovatif, tidaj interaktif dan tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang inovatif dan kreatif serta belum diterapkannya pembelajaran Sejarah berbasis masalah aktual. Pembelajaran Sejarah di SMA NU 05 Brangsong juga mengalami hal yang serupa dimana pembelajaran masih didominasi oleh guru dan masih minimnya penggunaan media pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model 4D Thiagarajan yang dimodifikasi. Tahapan 4D Thiagarajan yang dimodifikasi antara lain: Define (pendefenisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik evaluasi menggunakan model One Group Pre Test-Post Test dan analisis data menggunakan N-Gain serta Sample Paired T-Test. Ebook Interaktif dibuat menggunakan teori KonstruktivismePiaget guna mendorong keaktifan peserta didik selama pembelajaran sejarah serta mendukung pembelajaran sejarah yang lebih fleksibel. Pengembangan Ebook Interaktif menggunakan sumber-sumber yang relevan dan valid. Ebook interaktif ini terdiri dari tujuh bagian, yaitu (1) cover; (2) petunjuk penggunaan; (3) kompetensi dasar, tujuan dan model pembelajaran; (4) daftar isi; (5) prolog; (6) inti materi; (7) daftar Pustaka. Ebook interaktif yang dikembangkan oleh peneliti mendapatkan respon baik dan layak digunakan oleh para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi. Ebook interaktifyang peneliti kembangkan memiliki dampak dan efektif terhadap peningkatan pemahaman peserta didik yang dibuktikan dengan perolehan hasil N-Gain dan Paired Sample T-Test.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ebook Interaktif, Runtuhnya Hindia Belanda, Media Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:28
Last Modified: 24 Sep 2024 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64074

Actions (login required)

View Item View Item