Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing pada Content creator TikTok Shop


Anggraeni Sukma Putri, 7311415120 (2023) Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing pada Content creator TikTok Shop. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311415120_Anggraeni Sukma Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja pemasaran merupakan hal penting pada pengusaha, dengan adanya kinerja pemasaran yang baik maka penjualan akan semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah orientasi pasar, dan inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, serta mengetahui apakah keunggulan bersaing mampu memediasi orientasi pasar, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah content creator tiktok shop yang tergabung dalam grup resmi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 115 responden dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan observasi. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan pendekatan path analysis dan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel orientasi pasar, dan inovasi produk memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran, selanjutnya keunggulan bersaing juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji pengaruh tidak langsung juga menunjukan bahwa keunggulan bersaing mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Penerapan strategi orientasi pasar, dan inovasi produk mempengaruhi kinerja pemasaran content creator TikTok Shop. Keunggulan bersaing juga berpengaruh terhadap kinerja pemasaran serta dapat memediasi hubungan orientasi pasar, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran content creatortiktok shop. Saran untuk content creator tiktok shop agar menerapkan strategi strategi orientasi pasar, dan inovasi produk yang sesuai dengan bidang usaha yang dijalani sehingga akan meningkatkan keunggulan bersaing yang akan meningkatkan kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:22
Last Modified: 24 Sep 2024 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64070

Actions (login required)

View Item View Item