PENGUATAN KARAKTER GOTONG ROYONG PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 32 SEMARANG KOTA SEMARANG
Khofifah Nur Sholihah, 3301419012 (2023) PENGUATAN KARAKTER GOTONG ROYONG PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 32 SEMARANG KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
SMP Negeri 32 Semarang sebagai lembaga pendidikan formal melakukan penguatan karakter gotong royong kepada peserta didik melalui berbagai cara, baik di dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Karakter gotong royong yang sudah ada di SMP Negeri 32 Semarang perlu diperkuat, agar karakter tersebut dapat diterapkan dan diimplementasikan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan penanaman karakter gotong royong pada peserta didik di SMP Negeri 32 Semarang. 2) Hambatan dalam penanaman karakter gotong royong pada peserta didik di SMP Negeri 32 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian yaitu SMP Negeri 32 Semarang yang terletak di Jalan Ki Mangunsarkoro No. 1 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah SMP Negeri 32 Semarang, Guru PPKn kelas VIII SMP Negeri 32 Semarang dan Peserta didik kelas VIII D dan G SMP Negeri 32 Semarang. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan penanaman karakter gotong royong pada peserta didik di SMP Negeri 32 Semarang dilakukan di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran. Penanaman karakter gotong royong pada peserta didik di dalam pembelajaran dilakukan melalui pemberian tugas kelompok oleh guru. Penanaman karakter gotong royong pada peserta didik di luar pembelajaran dilakukan melalui beberapa pembiasaan, antara lain piket kelas, Jumat bersih, kegiatan 4S (Senyum, Salam, Sapa, Sensor) dan kegiatan menyiapkan tikar untuk sholat dzuhur berjamaah. 2) hambatan dalam penanaman karakter gotong royong pada peserta didik di SMP Negeri 32 Semarang terbagi menjadi dua, yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu: 1) Kepada SMP Negeri 32 Semarang, sebagai upaya penguatan karakter gotong royong secara utuh dan menyeluruh di SMP Negeri 32 Semarang, sekolah harus mengoptimalkan penguatan terhadap pelaksanaan kegiatan baik di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran yang terkait dengan karakter gotong royong. Sekolah juga harus meningkatkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan penguatan karakter gotong royong. 2) Kepada Guru SMP Negeri 32 Semarang, sebagai upaya memperkuat karakter gotong royong pada peserta didik di SMP Negeri 32 Semarang, guru harus mengoptimalkan penguatan karakter tersebut dalam proses pembelajaran serta mendampingi dan mengarahkan peserta didik dalam pelaksanaan penguatan karakter gotong royong di luar pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguatan Karakter, Gotong Royong, Peserta Didik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Attitude |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 04:59 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 04:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64066 |
Actions (login required)
View Item |