PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) DAN KEBIJAKAN DEVIDEN PAYOUT RATIO (DPR) TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA DENGAN PERSISTENSI LABA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)


Erfina Ayu Wulandari, 7211418161 (2022) PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) DAN KEBIJAKAN DEVIDEN PAYOUT RATIO (DPR) TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA DENGAN PERSISTENSI LABA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211418161_ERFINA AYU WULANDARI - Erfina Ayu Wulandari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Menurut Diantimala (2008) Koefisien Respon Laba menunjukan reaksi pasar terhadap informasi laba perusahaan yang dapat diamati dari pergerakan saham, jika nilai ERC diprediksi lebih tinggi maka kualitas laba yang dihasilkan lebih baik dengan asumsi investor akan menilai laba sekarang untuk memprediksi laba di masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Financial Leverage, Investment Opportunity Set (IOS) dan Kebijakan Deviden Payout Ratio (DPR) Terhadap Koefisien Respon Laba dengan Persistensi Laba sebagai Variabel Moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 189 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 14 perusahaan dengan 56 unit analisis. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan estimasi pemilihan model, Fixed Effect Model (FEM) terpilih menjadi model yang tepat untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan financial leverage berpengaruh positif signifikan dan investment opportunity set berpengaruh negatif signifikan terhadap koefisien respon laba. Kebijakan deviden payout ratio tidak berpengaruh terhadap koefisien respon laba. Persistensi laba dapat memperlemah financial leverage dan investment opportunity set terhadap koefisien respon laba. Persistensi laba tidak dapat memperlemah kebijakan deviden payout ratio terhadap koefisien respon laba. Kesimpulan penelitian ini adalah financial leverage berpengaruh positif signifikan dan investment opportunity set berpengaruh negatif signifikan terhadap koefisien respon laba dan persistensi laba dapat memperlemah financial leverage dan investment opportunity set terhadap koefisien respon laba. Saran bagi perusahaan diharapkan dapat memperhatikan faktor-faktor penting dengan menambah koefisien respon laba. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel di luar variabel yang diuji untuk memperoleh hasil yang lebih menyeluruh dan akurat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Koefisien Respon Laba, Financial Leverage, Investment Opportunity Set, Kebijakan Deviden Payout Ratio, Persistensi Laba
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:37
Last Modified: 24 Sep 2024 04:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64055

Actions (login required)

View Item View Item