PENGARUH FINANCIAL PERFORMANCE, UKURAN PERUSAHAAN DAN MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP IMPRESSION MANAGEMENT DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terindeks di LQ45 Tahun 2019-2021)


Nurzaki Abdulkarim, 7211418135 (2022) PENGARUH FINANCIAL PERFORMANCE, UKURAN PERUSAHAAN DAN MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP IMPRESSION MANAGEMENT DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terindeks di LQ45 Tahun 2019-2021). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211418135_Nurzaki Abdulkarim - Nurzaki Abdulkarim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan mencoba untuk membiaskan informasi untuk mempengaruhi sikap pembaca terhadap laporan perusahaan. Impression management merupakan perilaku oportunistik manajemen dalam mengatur nilai-nilai yang diungkapkan dalam laporan tahunan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh financial performance, ukuran perusahaan, dan mekanisme Good Corporate Governance terhadap impression management dengan nilai perusahaan sebagai variabel intervening. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan Perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45 di BEI pada periode 2019 sampai 2021 dengan metode dokumenter. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel menggunakan software SPSS 25. Uji Intervening dilakukan dengan Sobel Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ROE, rapat komite audit, dan jumlah komisaris independen berpengaruh negatif terhadap impression management. Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap impression management. ROE dan jumlah komisaris independen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan berhasil memediasi secara parsial ke arah negatif hubungan ukuran perusahaan dengan impression management. Penelitian ini dapat direplikasi, ditingkatkan, atau diperluas dalam studi selanjutnya dengan menggunakan sampel atau kerangka waktu yang berbeda. Penelitian lebih lanjut dapat ditingkatkan dengan mengganti atau menambah variabel maupun indikator lain yang dapat digunakan sebagai proksi mekanisme good corporate governance.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: impression management, financial performance, good corporate governance, company size, price to book value
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:31
Last Modified: 24 Sep 2024 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64053

Actions (login required)

View Item View Item