PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, FINANCIAL LEVERAGE, DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN SEKTOR TRANSPORTASI DAN LOGISTIK


Famelia Monisa, 7211418018 (2022) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, FINANCIAL LEVERAGE, DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN SEKTOR TRANSPORTASI DAN LOGISTIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211418018_Famelia Monisa_Skripsi - Famelia Monisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Financial distress merupakan kondisi keuangan perusahaan yang sedang tidak sehat atau mengalami kesulitan. Pandemi Covid-19 mempengaruhi kondisi berbagai sektor perusahaan, salah satu nya perusahaan transportasi yang mengalami penurunan operasional yang signifikan dari tahun sebelumnya. Hal ini menjadi perhatian bagi perusahaan untuk bertahan dari wabah ini dan menghindari kondisi financial distress. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis ukuran perusahaan, financial leverage, intellectual capital dalam mempengaruhi terjadinya financial distress. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan dalam mengidentifikasi Covid-19 dalam mempengaruhi financial distress perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder berupa dokumentasi annual report perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data panel. Populasi penelitian ini adalah perusahaan transportasi dan logistik yang terdaftar di BEI tahun 2018 – 2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan menghasilkan sampel penelitian sebanyak 28 perusahaan dengan total 112 unit. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik menggunakan alat analisis SPSS versi 25. Hasil penelitian dalam uji wald (ujit) menunjukkan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap financial distress dengan nilai signifikansi 0,357 (>0,05). Kedua, financial leverage secara signifikan dan positif mampu mempengaruhi financial distress dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05) dan nilai koefisien 1,959. Ketiga, intellectual capital secara signifikan dan negatif mampu mempengaruhi financial distres dengan nilai signifikansi 0,013 (<0,05) dan nilai koefisien -0,060. Keempat, hasil uji t-paired menunjukkan financial distress perusahaan transportasi dan logistik tidak dipengaruhi oleh Covid-19 dengan nilai signifikansi 0,621 (>0,05) Simpulan penelitian menunjukkan bahwa financial distress tidak dipengaruhi oleh fenomena pandemi Covid-19. Ukuran perusahaan bukan merupakan faktor yang mempengaruhi kondisi financial distress. Sedangkan, financial leverage dan intellectual capital berpengaruh signifikan financial distres. Saran dari penelitian ini adalah perusahaan harus memiliki kemampuan manajemen utang yang baik dan mampu memaksimalkan intellectual capital yang dimiliki sehingga perusahaan bisa terhindar dari kondisi financial distress.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Distress, Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, Intellectual Capital.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:13
Last Modified: 24 Sep 2024 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64048

Actions (login required)

View Item View Item