POTENSI LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI GAGASAN PENCIPTAAN TARI ANAK-ANAK DI TK ISLAM PLUS ASSALAMAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG
Dinda Ayu Pitaloka, 1601416041 (2023) POTENSI LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI GAGASAN PENCIPTAAN TARI ANAK-ANAK DI TK ISLAM PLUS ASSALAMAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan berproses melalui aktivitas bermain salah satunya tari. Banyak manfaat yang didapat anak dalam mempelajari tari, diantaranya tari dapat mengembangkan fisik, kreatif, imajinatif, emosional dan intelektual anak.Terciptanya tarian karena adanya potensi lingkungan alam yang bisa menjadikan karya tari anak usia dini. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mendeskripsikan tahapan potensi lingkungan alam sebagai gagasan penciptaan tari anak-anak di TK Islam Plus Assalamah Ungaran Kabupaten Semarang dan (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam gagasan penciptaan tarianak-anak di TK Islam Plus Assalamah Ungaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode etnografi deskriptif yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Lokasi penelitian ini dilakukan di TK Islam Plus Assalamah Ungaran Kabupaten Semarang. Fokus penelitian ini tentang potensi lingkungan alam sebagai gagasan penciptaan tari anak�anak di TK Islam Plus Assalamah Ungaran Kabupaten Semarang. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan triangulasi yaitu uji kredibilitas, yaitu hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif dengan melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan TK Islam Plus Assalamah Ungaran, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan potensi lingkungan alam sebagai sumber belajar telah dilaksanakan dengan baik melalui langkah perencanaan, langkah pelaksanaan, dan langkah tindak lanjut. Langkah perencanaan dilakukan dengan penetapan tujuan pembelajaran, penentuan lingkungan alamsebagai sumber belajar, bentuk kegiatan, dan kesiapan teknis dalam melaksanakan pembelajaran. Faktor pendukung dalam gagasan penciptaan gerak tari yaitu siswa TK dapat menggunakan properti yang aman dan menunjang terciptanya gerakan tari. Sedangkan faktor yang menghambat terciptanya gerak tari, yaitu beberapa siswa TK masih kesulitan dalam menirukan gerakan alam.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Potensi, lingkungan alam, tari. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:39 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64036 |
Actions (login required)
View Item |