KETERLIBATAN ORANGTUA TK IMAM BONJOL GUMAWANG DALAM PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH DITINJAU DARI USIA, PENDIDIKAN TERAKHIR DAN PEKERJAAN ORANGTUA


Tsakila Ledita, 1601416023 (2023) KETERLIBATAN ORANGTUA TK IMAM BONJOL GUMAWANG DALAM PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH DITINJAU DARI USIA, PENDIDIKAN TERAKHIR DAN PEKERJAAN ORANGTUA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601416023 - Tsakila Ledita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlibatan orangtua, pengaruh faktor demografi orangtua, dan perbedaan keterlibatan orangtua ditinjau dari usia, pendidikan terakhir dan pekerjaan orangtua terhadap keterlibatan orangtua dalam program belajar dari rumah. Penelitian ini menggunakan mix methods dengan model sequentially explanatory. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh orangtua siswa TK Imam Bonjol Gumawang yang jumlah nya 52 orangtua. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan orangtua ada pada kategori sedang dalam mendampingi anak belajar program belajar dari rumah yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 83-96. Hasil uji Two Way Anova menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterlibatan orangtua ditinjau dari pendidikan terakhir dan tidak ada perbedaan keterlibatan orangtua ditinjau dari usia dan pekerjaan orangtua. Hasil kuantitatif di dukung dengan hasil wawancara pada responden yang menyatakan bahwa orangtua pendidikan terakhir sarjana lebih mudah memahami materi daripada orangtua dengan pendidikan terakhir SMP dan SMA. Berdasarkan usia dan pekerjaan orangtua tidak ada perbedaan keterlibatan orangtua dalam mendampingi anak dalam program belajar dari rumah, orangtua tetap mendampingi anak dalam pembelajaran walaupun pembelajaran dilakukan dari rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Usia, Pendidikan Terakhir dan Pekerjaan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:35
Last Modified: 24 Sep 2024 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64034

Actions (login required)

View Item View Item