ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMA 5 EKOSISTEM DI KELAS V SDN TEGALSARI 2 KOTA TEGAL


Hawa Nurhidayati, 1401419370 (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMA 5 EKOSISTEM DI KELAS V SDN TEGALSARI 2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419370 - Hawa Nurhidayati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian autentik. Kenyataannya pelaksanaan penilaian autentik di lapangan belum terlaksana sesuai standar penilaian autentik yang sudah ditetapkan. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Tema 5 Ekosistem di kelas V SDN Tegalsari 2 Kota Tegal. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian yakni guru kelas V, kepala sekolah dan peserta didik kelas V SDN Tegalsari 2 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman. Uji keabsahan data yang digunakan yakni uji credibility, uji transferability, uji dependability dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) pelaksanaan penilaian autentik ranah sikap dilaksanakan dengan baik melalui teknik penilaian antarteman dan penilaian jurnal; 2) penilaian autentik ranah pengetahuan dilaksanakan dengan baik melalui teknik tes tulis dan penugasan; 3) penilaian autentik ranah keterampilan dilaksanakan dengan baik melalui teknik unjuk kerja dan teknik produk; 4) faktor pendukung penilaian autentik antara lain ketersediaan buku guru dan buku paket peserta didik, kelengkapan fasilitas sekolah, dan peranan kepala sekolah sedangkan faktor penghambat pelaksanaan penilaian autentik yakni keterbatasan waktu, penguasaan guru dalam perencanaan penilaian, kondisi peserta didik yang beragam, dan perhatian orang tua peserta didik terhadap pendidikan anak yang kurang. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian autentik dalam Tema 5 kelas V sudah terlaksana dengan baik meskipun terdapat kekurangan pada pembuatan instrumen penilaian dan pelaksanaan teknik penilaian kurang bervariasi pada penilaian ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian sudah mencakup ketiga ranah yakni ranah sikap, ranah pengetahuan dan ranah keterampilan dengan menggunakan teknik penilaian yang sesuai. Saran bagi kepala sekolah sebaiknya hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan evaluasi dan pembinaan kepada guru dalam melaksanaan penilaian. Pendidik sebaiknya membuat perencanaan penilaian secara terstruktur dan melaksanakan teknik penilaian yang bervariasi pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan yang belum terlaksana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik;Penilaian Sikap;Penilaian Pengetahuan;Penilaian Keterampilan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:28
Last Modified: 24 Sep 2024 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64030

Actions (login required)

View Item View Item