KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI DI GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN SUBAH


Anna Arfiani, 1401419360 (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI DI GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN SUBAH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419360 - Anna Arfiani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan pada kelas V di SDN Gugus Budi Utomo Kecamatan Subah ditemukan bahwa rata-rata hasil ulangan harian peserta didik pada mata pelajaran IPS semester II sebesar 63% dari 112 peserta didik belum mencapai KKM. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan peserta didik dan menganalisis keefektifan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Augmented Reality terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN di Gugus Budi Utomo Kecamatan Subah. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi eksperimental design. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian non equivalent control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kecamatan Subah. Teknik penggambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, tes pretest-posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji persentase hasil observasi keaktifan peserta didik, uji normalitas, uji homogenitas, T-test, dan uji N-Gain. Hasil persentase observasi keaktifan peserta didik pada kelas eksperimen 88% termasuk pada kategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol 79% termasuk pada kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan ujii t hasil belajar IPS kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000>0,05 artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar IPS kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian dari hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen 59,46 pada kriteria sedang, sedangkan hasil N-Gain pada kelas kontrol 23,22 pada kriteria rendah. Dapat disimpulkan hasil uji N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Simpulan penelitian ini adalah kelas ekperimen lebih aktif dibandingkan kelas kontrol, dan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Augmented Reality efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kecamatan Subah. Saran dari peneliti yaitu guru dapat menggunakan model pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model PBL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Hasil Belajar, Problem Based Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:21
Last Modified: 24 Sep 2024 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64025

Actions (login required)

View Item View Item