PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI GUGUS HANGTUAH KABUPATEN PEMALANG


Kartika Amalia Utami, 1401419343 (2023) PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI GUGUS HANGTUAH KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419343_Kartika Amalia Utami - Kartika Amalia Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Kurangnya antusias dalam proses pembelajaran matematika dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu peran orang tua dan lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus Hangtuah Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis pendekatan ex post facto. Variabel pada penelitian ini yaitu peran orang tua (X1), lingkungan belajar (X2), dan hasil belajar (Y). Pengambilan sampel menggunakan jenis teknik proportionate stratified random sampling, sampel berjumlah 115 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji prasyarat berupa uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas; serta uji hipotesis berupa analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, uji determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (4,377 > 1,981). Korelasi sebesar 0,381 dengan pengaruh sebesar 14,5%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (3,341 > 1,981). Korelasi sebesar 0,300 dengan pengaruh sebesar 9%; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan peran orang tua dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel (13,816 > 3,077). Korelasi sebesar 0,445 dengan pengaruh sebesar 19,8%. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh peran orang tua dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus Hangtuah Kabupaten Pemalang. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang tua siswa, membantu memaksimalkan peran orang tua, serta guru dan orang tua diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Lingkungan Belajar, Peran Orang Tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Development of Child
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:18
Last Modified: 24 Sep 2024 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64024

Actions (login required)

View Item View Item