EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) TERHADAP MASYARAKAT TERDAMPAK PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS KECAMATAN DUKUHWARU, KABUPATEN TEGAL)


Bakhtiar Indra Satria, 7111418046 (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) TERHADAP MASYARAKAT TERDAMPAK PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS KECAMATAN DUKUHWARU, KABUPATEN TEGAL). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7111418046_Bakhtiar Indra Satria_Skripsi Full.pdf - Bakhtiar Indra s.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan program social untuk pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak akibat adanya pandemi Covid-19 (Kemenkeu, 2021). Jika dilihat dari tahun 2020 anggaran dana desa di Kecamatan Dukuhwaru meningkat karena adanya dampak dari Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik penerima program BLT di Kecamatan Dukuhwaru, menganalisis dampak pandemi Covid-19 dan program BLT terhadap ekonomi dan menganalisis startegi kebijakan efektivitas program BLT. Peneltian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis ststistik deskriptif dan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan total responden sebanyak 40 responden dan responden kunci sebanyak 5 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa karateristik masyarakat penerima program BLT adalah sebagain banyak pekerja sebagai buruh, pedagang dan petani. Dampak dari pademi terhadap ekonomi juga sangat dirasakan masyarakat dan adanya aspek ekonomi terhadap program BLT juga sangat dirasakan oleh masyarakat, karena masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya program BLT ini. Berdasarkan hasil analisis AHP, strategi kebijakan yang nilainya paling tinggi adalah strategi kebijakan dengan kriteria tercapainya tujuan, dan nilai strategi kebijakan yang paling rendah adalah ketepatan sasaran karena masih banyak masyarakat miskin yang terkena dampak adanya pandemi Covid-19 yang belum mendapatkan program BLT dari pemerintah. Saran yang dapat diberikan adalah pemerintah diharapkan terjun langsung mendata masyarakat penerima program BLT, karena bmasih banyak masyarakat miskin yang masih belum mendapatkan bantuan program berupa BLT dimasa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program BLT, Dukuhwaru, Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:19
Last Modified: 24 Sep 2024 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64023

Actions (login required)

View Item View Item