Aplikasi Aksi Bahasa; Media Pembelajaran; Kemampuan Literasi Digital


Arif Setyo Fani, 1401419339 (2023) Aplikasi Aksi Bahasa; Media Pembelajaran; Kemampuan Literasi Digital. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419339_Arif Setyo Fani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti mengenai pemanfaatan media pembelajaran berbasis audio visual dalam keterampilan berbahasa pada kelas III di SDN 2 Kedungmenjangan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Peneliti merasa ada hal yang perlu untuk dicari tahu pasca pembelajaran daring ketika pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran berbasis audio visual dalam keterampilan berbahasa pada kelas III di SDN 2 Kedungmenjangan Kabupaten Purbalingga dengan cara: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis proses penerapan pembelajaran audio visual dalam keterampilan berbahasa membaca pada kelas III. (2) Mendeskripsikan dan menganalisis proses penerapan pembelajaran audio visual dalam keterampilan berbahasa menulis pada kelas III. (3) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran berbasis audio visual pada kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data di lapangan, uji kredibilitas, pemeriksaan triangulasi, pengecekan anggota, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pembelajaran akan lebih bermakna dan lebih mengena bagi peserta didik ketika guru menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut; (1) pemanfaatan media pembelajaran tematik berbasis audio visual dalam keterampilan membaca peserta didik kelas III sudah menguasai keterampilan membaca, (2) kemampuan keterampilan berbahasa menulis dalam pembelajaran tematik berbasis audio visual peserta didik kelas III sudah menguasai dengan baik, (3) faktor pendukung pembelajaran tematik berbasis audio visual di SDN 2 Kedungmenjangan yaitu kesadaran guru akan pentingnya pembelajaran berbasis audio visual dan keaktifan serta semangat peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya alat pembelajaran audio visual yang sudah berumur, kemampuan guru dalam menyampaikan materi yang masih dengan menggunakan metode lama, keterbatasan alat pemelajaran media audio visual, serta tingkat kepedulian orang tua peserta didik yang masih kurang. Saran penelitian ini untuk guru digunakan sebagai referensi tambahan dalam mempersiapkan diri memanfaatkan audio visual sebagai media pembelajaran dan untuk sekolah sebagai referensi untuk bisa mengemas proses pembelajaran mejadi lebih baik. Serta untuk peneliti lanjutan sebagai referensi untuk menyempurnakan hasil penelitian yang dilakukannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual Keterampilan Berbahasa Media Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:15
Last Modified: 24 Sep 2024 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64022

Actions (login required)

View Item View Item