EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI APLIKASI AKSI BAHASA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 CEPER KABUPATEN KLATEN


Fauzia Firma Ardhana, 1401419336 (2023) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI APLIKASI AKSI BAHASA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 CEPER KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419336 - Fauzia Firma Ardhana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (40MB) | Request a copy

Abstract

Era digital menuntut dunia pendidikan menggunakan teknologi atau perangkat digital dalam proses pembelajaran guna mempermudah pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Dalam usaha mencapai penggunaan perangkat digital yang efektif maka diperlukan kemampuan literasi digital yang diimbangi dengan ketersediaan media pembelajaran inovatif berbasis digital. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah meluncurkan sebuah aplikasi asessmen. Aplikasi tersebut bernama aksi bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) implementasi aplikasi aksi bahasa sebagai media pembelajaran inovatif terhadap kemampuan literasi digital 2) efektivitas implementasi aplikasi aksi bahasa sebagai media pembelajaran inovatif terhadap kemampuan literasi digital kelas IV SD Negeri 1 Ceper Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian terdiri dari 55 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik. Teknik analisis data statistik terdiri dari uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis yaitu uji t dan n-gain. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test, diperoleh nilai Sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 dengan demikian terdapat perbedaan rata-rata hasil posttest peserta didik kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya hasil uji n-gain diketahui peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,71 termasuk dalam kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,50 termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi aksi bahasa telah dilaksanakan dengan baik selama empat kali pertemuan dan terbukti efektif terhadap kemampuan literasi digital peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Ceper Kabupaten Klaten. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan pengalaman belajar menggunakan aplikasi aksi bahasa sebagai media pembelajaran inovatif kepada siswa, mendorong guru untuk memanfaatkan berbagai platform digital yang telah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta memberikan kontribusi bagi sekolah dalam perbaikan proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Aksi Bahasa; Media Pembelajaran; Kemampuan Literasi Digital
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:12
Last Modified: 24 Sep 2024 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64020

Actions (login required)

View Item View Item