(ABSTRAK) PEMBELAJARAN SAINS FISIKA DENGAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 14 TEGAL


Eri Fitniati , 4201404070 (2010) (ABSTRAK) PEMBELAJARAN SAINS FISIKA DENGAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 14 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PEMBELAJARAN SAINS FISIKA DENGAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 14 TEGAL]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PEMBELAJARAN SAINS FISIKA DENGAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 14 TEGAL) - Published Version
Download (74kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sains Fisika, Pendekatan SETS, Minat, Pemahaman. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan secara langsung di SMP N 14 Tegal, ditemukan adanya permasalahan pembelajaran yaitu minat dan pemahaman belajar siswa yang rendah terutama pada pelajaran sains Fisika. Rendahnya minat dan pemahaman belajar siswa ini salah satu penyebabnya yaitu karena pembelajaran sains Fisika di sekolah tersebut belum mengarahkan siswa untuk berperan aktif mengkaji dan memahami penerapan ilmu pengetahuan yang didapatnya itu dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan suatau penedekatan pembelajaran yang dapat mengarahkan siswa untuk berperan aktif mengkaji dan memahami penerapan ilmu pengetahuan yang didapatnya itu dalam kehidupan sehari-hari.. Salah satu pendekatan pembelajaran tersebut yaitu pembelajaran dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Pembelajaran dengan pendekatan SETS dapat memberi pemahaman pada peserta didik tentang pengaruh Sains terhadap lingkungan, teknologi, dan masyarakat sehingga peserta didik dapat memanfaatkan pengetahuan yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan SETS pada penelitian ini dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan dua siklus.. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP N 14 Tegal tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan pemahaman siswa dari sebelum pelaksanaan, siklus I sampai siklus II. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata minat siswa yaitu 69 (pra siklus, kategori kurang berminat), 77 (siklus I, kategori berminat), dan 82 (siklus II, kategori sangat berminat). Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata tes, yaitu 61 (pra siklus), 63.23 (siklus I), dan 71 (siklus II). Ketuntasan klasikal yang didiperoleh dari siklus I adalah 50 % dengan peningkatan pemahaman siswa sebesar 0.05 (kategori rendah), sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikalnya menjadi 88.23% dengan peningkatan pemahaman siswa sebesar 0.32 (kategori sedang). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Sains Fisika dengan pendekatan SETS dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa kelas VII di SMP N 14 Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran sains Fisika, Pendekatan SETS, Minat, Pemahaman.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2011 06:39
Last Modified: 27 Oct 2011 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6402

Actions (login required)

View Item View Item