ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI TUKAR RUPIAH (STUDI RENCANA KEBIJAKAN TAPERING-OFF FEDERAL RESERVE AMERIKA SERIKAT)


Hanna Sheina Neristi, 7111418004 (2022) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI TUKAR RUPIAH (STUDI RENCANA KEBIJAKAN TAPERING-OFF FEDERAL RESERVE AMERIKA SERIKAT). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7111418004_Hanna Sheina Neristi - Hanna Sheina Neristi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan nilai tukar menjadi salah satu bagian terpenting dalam penilaian kondisi perekonomian suatu negara. Fluktuasi nilai tukar dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang berasal dari internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi nilai tukar rupiah periode 2018 – 2021. Adapun variabel independen yang digunakan adalah rencana kebijakan Tapering-Off Federal Reserve Amerika Serikat menggunakan variabel dummy, fed fund rate, inflasi, dan cadangan devisa. Metode analisis yang digunakan adalah Error Correction Model untuk mengetahui pengaruh dalam jangka panjang dan jangka pendek dibantu dengan software E-views 9. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder time series dalam periode waktu bulanan Januari 2018 – Desember 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka pendek variabel yang berpengaruh signifikan terhadap nilai tukar Rupiah adalah variabel fed fund rate dan cadangan devisa. Sedangkan variabel dummy rencana kebijakan tapering-Off dan inflasi tidak berpengaruh signifikan dalam jangka pendek. Kemudian dalam jangka panjang variabel dummy rencana kebijakan tapering-off, fed fund rate, inflasi, dan cadangan devisa berpengaruh signifikan terhadap nilai tukar rupiah. Penelitian ini menyarankan kepada pemerintah Indonesia untuk memperkuat stabilitas nilai tukar dengan melakukan intervensi valuta asing, penentuan suku bunga yang tepat, pengendalian inflasi, serta menjaga cadangan devisa dengan cara mendorong kuantitas ekspor dan mengurangi impor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Tukar, Kebijakan Tapering-Off, Error Correction Model
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:10
Last Modified: 24 Sep 2024 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64019

Actions (login required)

View Item View Item