KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY MATERI TATA SURYA PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI SDN BERGASLOR 01


Isna Rachma Nirmala, 1401419311 (2023) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY MATERI TATA SURYA PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI SDN BERGASLOR 01. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419311_Isna Rachma Nirmala - Isna Rachma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru yang dilakukan di Gugus Ahmad Yani Kecamatan Bergas didapati bahwa kualitas dan kuantitas media pembelajaran yang digunakan guru belum maksimal, terdapat materi dalam pembelajaran IPA yang sulit dibayangkan, alat peraga dalam pembelajaran IPA berukuran besar ataupun kurang baik kondisinya, dan media atau alat peraga kurang terlihat nyata atau tidak berbentuk tiga dimensi sehingga peserta didik belum bisa membayangkannya dengan nyata. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya perlakuan yaitu dengan penerapan media Augmented Reality, karena media Augmented Reality akan membantu menciptakan media pembelajaran yang nyata dan efektif, sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Pembelajaran menggunakan media Augmented Reality akan lebih fleksibel karena media dapat dioperasikan dimana saja dan kapan saja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji perbedaan hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen dan menguji keefektifan media Augmented Reality terhadap hasil belajar IPA. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VI SDN Bergaslor 01 berjumlah 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VI SDN Bergaslor 02 berjumlah 27 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda dan non tes berupa angket peserta didik, pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas. Analisis akhir atau pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample (T-Test) dan N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan selisih rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol yang dibuktikan dengan nilai N-Gain terhadap hasil belajar kelas eksperimen yaitu 0,66 pada kategori cukup efektif, dan di kelas kontrol yaitu 0,28 pada kategori tidak efektif. Simpulan penelitian ini adalah media AR Planet efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VI SDN Bergaslor 01 Kabupaten Semarang. Saran yang diberikan adalah media Augmented Reality dapat dijadikan sebagai media pilihan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPA, media Augmented Reality
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:06
Last Modified: 24 Sep 2024 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64016

Actions (login required)

View Item View Item