PENGEMBANGAN BIG BOOK BERBASIS TEKS AURAL BERBANTUAN CANVA (ABC) UNTUK PENYAMPAIAN UNGKAPAN KESANTUNAN SISWA KELAS II SDN 2 KALIKEBO KLATEN


Dyah Purwaningsih, 1401419301 (2023) PENGEMBANGAN BIG BOOK BERBASIS TEKS AURAL BERBANTUAN CANVA (ABC) UNTUK PENYAMPAIAN UNGKAPAN KESANTUNAN SISWA KELAS II SDN 2 KALIKEBO KLATEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419301_DYAH PURWANINGSIH - Dyah Purwaningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan umum dari pendidikan yaitu membentuk karakter. Berdasarkan hasil kegiatan prapenelitian di SDN 2 Kalikebo, siswa kurang santun. Pembelajaran Bahasa Indoensia kelas II terdapat Kompetensi Dasar 4.6 tentang ungkapan santun, namun perolehan hasil belajar keterampilan siswa pada Kompetensi Dasar 4.6 58% dari 24 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Hal ini menunjukkan pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kompetensi Dasar tersebut kurang maksimal. Pembelajaran ini hanya menggunakan buku. siswa perlu dirangsang dengan media yang dapat langsung menjadi contoh yang nyata bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendesrkipsikan desain, menguji kelayakan, dan mengetahui keefektifan pengembangan big book berbasis teks aural berbantuan canva untuk penyampaian ungkapan kesantunan siswa kelas dua SDN 2 Kalikebo Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model Pengembangan dari Borg and Gall dalam Sugiyono yang dibatasi menggunakan delapan langkah penelitian. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas II SDN 2 Kalikebo Klaten. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal, uji t-test, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Media ini dicetak, tetapi di dalamnya ada barcode untuk mendengarkan teks auralnya, pengoperasiannya untuk yang mendengarkan teks auralnya dengan bimbingan guru. (2) Media big book berbasis teks aural berbantun canva sangat layak digunakan dengan persentase rata-rata penilaian ahli media dan ahli materi sebesar 94% dan rata-rata hasil angket tanggapan sebesar 97,91%. (3) Rata-rata penilaian proses melalui hasil pengamatan sikap sebesar 3,5, nilai keterampilan meningkat sebesar 30,25% dengan rata-rata n-gain sebesar 0,625 termasuk kriteria sedang dan hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa data sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan rata-rata nilai pretest dan posttest mengalami perubahan signifikan. Simpulan penelitian: media big book berbasis teks aural berbantuan canva layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran menyampaikan ungkapan kesantunan siswa kelas II SDN 2 Kalikebo Klaten. Saran penelitian: guru sebaiknya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, media dapat dikembangkan lagi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: big book; aplikasi canva; ungkapan kesantunan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:03
Last Modified: 24 Sep 2024 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64015

Actions (login required)

View Item View Item