PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD SE GUGUS GALAXI KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL


Rosa Kusuma Arfianti, 1401419289 (2023) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD SE GUGUS GALAXI KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419289 Rosa Kusuma Arfianti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Hasil belajar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya gaya belajar dan kemampuan membaca pemahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh gaya belajar dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Gugus Galaxi Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto, karena penulis tidak memberikan perlakuan pada populasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 179 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling dengan rumus Slovin. Sampel yang diperoleh dari hitungan tersebut sebanyak 124 siswa. Data penelitian telah memenuhi uji prasyarat analisis, berupa uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, sehingga dapat dilakukan uji hipotesis, berupa analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan pengaruh sebesar 11%; (2) tedapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan pengaruh sebesar 28,9%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa, dengan pengaruh sebesar 34%. Saran bagi guru, sebaiknya lebih memperhatikan gaya belajar siswa dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan membaca pemahaman siswa. Bagi sekolah, sebagai bahan kajian pentingnya gaya belajar dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar siswa. Bagi peneliti lanjutnya yaitu melakukan penelitian lebih lanjut terkait faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Gaya Belajar; Hasil Belajar Bahasa Indonesia; Kemampuan Membaca Pemahaman.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning style
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:55
Last Modified: 24 Sep 2024 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64011

Actions (login required)

View Item View Item