PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS APLIKASI FLIPBOOK BERBANTUAN CANVA PADA KOMPETENSI MENGGALI INFORMASI SISWA KELAS III SD IT AL-UMAR NGARGOSOKA MAGELANG


Riski Sukenti, 1401419281 (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS APLIKASI FLIPBOOK BERBANTUAN CANVA PADA KOMPETENSI MENGGALI INFORMASI SISWA KELAS III SD IT AL-UMAR NGARGOSOKA MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419281 - Riski Sukenti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data Pra-Penelitian di SD IT Al-Umar Ngargosoka Magelang ditemukan beberapa permasalahan pembelajaran, salah satunya yaitu media pembelajaran. Maka peneliti mencoba mengatasi permasalahan dengan mengembangkan media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis aplikasi flipbook berbantuan Canva pada kompetensi menggali informasi kelas III SD IT Al-Umar Ngargosoka Magelang. Penelitian menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development) adaptasi model pengembangan dari Borg and Gall. Langkah model ini terdiri 10 langkah yang disederhanakan peneliti menjadi 8 langkah meliputi (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Produk; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian. Penelitian menggunakan 6 siswa dalam uji coba skala kecil dan 22 siswa uji coba skala besar. Teknik pengumpulan data penelitian terdiri atas tes dan nontes (observasi, wawancara, dokumentasi, angket). Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dengan uji normalitas dan uji homogenitas dan akhir dengan uji paired sample t-test (uji t berpasangan) dan n-gain. Penelitian mendapatkan hasil bahwa pengembangan media buku cerita bergambar berbasis aplikasi flipbook berbantuan Canva berhasil dikembangkan dan layak digunakan. Persentase kelayakan ahli media 94,44% (sangat layak) dan ahli materi 93,33% (sangat layak). Media mampu meningkatkan karakter siswa dalam sikap gotong royong dan bernalar kritis sebelum dan sesudah penggunaan media. Selanjutnya uji t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00, sehingga dapat diasumsikan bahwa terjadi perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media. Peningkatan rata-rata N-gain data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,5809 dengan kriteria sedang. Tujuan penelitian yaitu mengkaji cara mengembangkan media, menguji kelayakan, dan keefektifan media. Simpulan dari penelitian ini adalah media yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi menggali informasi kelas III SD IT Al-Umar Ngargosoka Magelang. Saran peneliti yaitu perlu menyiapkan alternatif media terkait kendala jaringan dengan mengunduh dalam bentuk PDF.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku cerita, berbasis flipbook, menggali informasi, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:48
Last Modified: 24 Sep 2024 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64006

Actions (login required)

View Item View Item