ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN KALINYAMAT WETAN 3 KOTA TEGAL
Ira Arifah, 1401419261 (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN KALINYAMAT WETAN 3 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah dasar merupakan lembaga formal yang memberikan layanan pendidikan, termasuk meningkatkan keterampilan berbahasa. Shobirin (2016:13) menjelaskan bahwa tujuan pada jenjang pendidikan dasar adalah membentuk siswa yang memiliki keterampilan dan kemampuan dasar membaca, menulis, dan berhitung. Membaca berkaitan dengan seluruh pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Kelas rendah termasuk pada tahap membaca permulaan, dimana kesulitan belajar membaca permulaan dapat dialami siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Kalinyamat Wetan 3 Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas I, 7 siswa kelas I, dan 3 orang tua siswa kelas I SDN Kalinyamat Wetan 3 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan uji credibility, transferbility, dependability, dan confirmability. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik interaktif yang dikemukakan oleh Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa berupa sulit menyuarakan kata berupa huruf konsonan gabungan, sulit membaca susunan kata yang panjang, kesalahan menyuarakan kata gabungan atau berimbuhan, ragu-ragu sehingga membaca tersendat-sendat; (2) Faktor yang memengaruhi kesulitan membaca permulaan pada siswa berupa faktor internal yaitu faktor psikologis dan faktor eksternal yaitu lingkungan; (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah kesulitan membaca permulaan pada siswa dilakukan dengan diagnosis kesalahan membaca permulaan, memberikan bimbingan belajar membaca permulaan, penggunaan metode pembelajaran suku kata, pemberian motivasi, dan melakukan komunikasi dengan orang tua siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kesulitan membaca yang dialami siswa berbeda-beda dan terjadi karena adanya faktor yang memengaruhinya, sehingga guru berupaya untuk mengatasinya. Disarankan agar guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan metode, dan mengoptimalkan pemanfaatan sudut baca di kelas. Bagi orang tua hendaknya memberikan pendampingan, bimbingan, memfasilitasi media pembelajaran, serta melakukan koordinasi dengan guru kelas secara berkelanjutan sehingga siswa meningkatkan minat baca dan memiliki kesadaran pentingnya membaca permulaan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis; Kesulitan Membaca; Membaca Permulaan. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > motivation to learn |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:40 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64002 |
Actions (login required)
View Item |