PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTU MEDIA PARTY BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NONFIKSI SISWA KELAS V SD N 1 JATI KECAMATAN JATI KABUPATEN BLORA


Puji Mulyani, 1401419253 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTU MEDIA PARTY BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NONFIKSI SISWA KELAS V SD N 1 JATI KECAMATAN JATI KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419253- Puji Mulyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan data hasil keterampilan menulis siswa yang dilakukan di kelas V SDN 1 Jati didapatkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia pada keterampilan menulis siswa lebih kecil dibandingkan nilai rata-rata KKM (74,68 < 75) ada 8 dari 19 siswa yang nilainya dibawah 75. Hal ini dikarenakan rendahnya literasi dan minat menulis siswa, sehingga membuat siswa dalam menulis teks nonfiksi yang dihasilkan kurang tepat. Perlu adanya perlakuan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan penggunaan model pembelajaran SAVI berbantu media Party Book, karena model pembelajaran SAVI berbantu media Party Book memungkinkan siswa untuk lebih aktif belajar dan lebih melatih keterampilan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI berbantu media Party Book dan mendeskripsikan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran SAVI berbantu media Party Book terhadap keterampilan menulis nonfiksi siswa kelas V SDN 1 Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Jenis penelitian yang digunakan adalah Preeksperimental dengan desain One-Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN 1 Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora dan sampel penelitian yaitu 19 siswa kelas V SDN 1 Jati sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji t, dan uj N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data pretes dan postes kelas eksperimen berdistribusi normal. Rata-rata skor postes lebih tinggi dibandingkan dengan skor pretes kelas eksperimen yaitu rata-rata skor pretes sebesar 43,47 dan rata-rata postes sebesar 76,11. Hasil uji-t menunjukkan bahawa nilai thitung (13,269) > ttabel (2,101), maka penggunaan model pembelajaran SAVI berbantu media Party Book berpengaruh terhadap keterampilan menulis nonfiksi siswa. Rata-rata N-gain kelas eksperimen diperoleh skor sebesar 0,6150 termasuk kategori sedang. pengamatan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen selama menggunakan model pembelajaran SAVI berbantu media Party Book diperoleh nilai sebesar 76,25 % yang termasuk kategori sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran SAVI berbantu media Party Book berpengaruh terhadap keterampilan menulis nonfiksi siswa dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajatan. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantu media Party Book sebaiknya memperhatikan beberapa hal yaitu, perencanaan pembelajaran dan manajemen waktu yang baik sehigga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran SAVI; media Party Book; keterampilan menulis nonfiksi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:37
Last Modified: 24 Sep 2024 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64000

Actions (login required)

View Item View Item